Struktur Organisasi Restoran: Fungsi, Tugas & Tanggung Jawab

Photo of author
Written By Nur

Struktur Organisasi Restoran – Membangun sebuah bisnis dibidang kuliner memang wajib mempersiapkan segala hal, terutama ketika ingin membangun sebuah restoran karena terdapat banyak tahap tahap harus dilakukan. Tidak hanya menentukan tempat, menu yang disediakan dan beberapa hal lainnya, wajib juga untuk menyusun struktur organisasi agar nantinya dapat berjalan dengan konsep yang sebelumnya telah dibuat.

Jika berbicara soal struktur organisasi restoran terbagi 3 macam yakni restoran besar, menengah dan kecil yang mana masing masing memiliki susunan struktur yang berbeda beda. Sebagaimana sudah dijelaskan pada pembahasan mengenai arti dari kata restoran yang mana terbagi beberapa jenis yang sudah ada saat ini, adapun setiap jenis yang ada tetap mengacu pada 3 macam organisasi yang sebelumnya sudah kami sebutkan tadi.

Adapun nantinya setelah struktur organisasi telah dibuat sesuai dengan kesepakatan, maka masing masing memiliki tugas dan tanggung jawab, sebagai contoh saja Head waiter yang mana memiliki tugas mulai dari penanggung jawab tertinggi, kewenangan atas beberapa jabatan yang ada dibawahnya. Sama seperti halnya dengan Captain yang mana memiliki tugas untuk membantu Head Waiter, jika di presentasekan 70% dari tugas Head Writer.

Buat kalian yang ingin mengetahui lebih lengkapnya maka sangat disarankan sekali agar simak pembahasan kali ini sampai selesai, sebab akan ada banyak informasi penting yang akan disampaikan kepada kalian semua. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan dari Boundaryd.com mengenai struktur organisasi restoran telah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Pengertian Struktur Organisasi

Sebelum lanjut ke pembahasan utama kita seperti judul seperti diatas, terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua pengertian dari sebuah struktur organisasi. Kami sangat yakin sekali jika diluar sana masih banyak orang yang tidak asing lagi dengan sebuah struktur organisasi, namun tidak tahu pengertian dan fungsinya untuk apa.

Jadi struktur organisasi merupakan suatu garis hiraki dimana menggambarkan posisi atau jabatan pada sebuah perusahaan/bisnis/usaha dimana masing masing posisi memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing masing. Pada umumnya sebuah struktur organisasi akan dibuat dengan tujuan untuk kepentingan suatu perusahaan dan menempatkan orang sesuai jabatannya.

Sedangkan untuk fungsi utamanya menjadi acuan atau tujuan didirikan organisasi tersebut ketika beroperasi atau menjalankan sebuah usaha, termasuk juga dalam merintis usaha restoran. Nah itulah sekiranya penjelasan detail mengenai apa itu struktur organisasi dapat kami jelaskan kepada kalian semua.

Struktur Organisasi Restoran Besar

Setiap restoran ataupun caffe memang diwajibkan untuk membuat struktur organisasi dengan tujuan agar nantinya berjalan sesuai dengan visi dan misinya. Berikut ini kami akan informasikan kepada kalian semua akan contoh struktur organisasi bagi restoran besar, agar lebih jelasnya silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan sebagai berikut.

Struktur Organisasi Restoran Besar

Struktur Organisasi Restoran Menengah

Kemudian berlanjut ke tahap selanjutnya yakni ukuran menengah, sebetulnya tidak jauh berbeda akan strukturnya. Buat kalian yang penasaran dengan itu semua, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan sebagai berikut.

Struktur Organisasi Restoran Menengah

Struktur Organisasi Restoran Kecil

Meskipun restoran tersebut terbilang kecil, akan tetapi wajib untuk menyusun struktur organisasinya agar kedepannya akan berjalan sesuai dengan konsep awal. Jika penasaran dengan itu semua silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan sebagai berikut.

Struktur Organisasi Restoran Kecil

Tugas Setiap Jabatan di Restoran

Diatas memang sebuah contoh saja berikut dengan gambar, nah disini kami akan jelaskan masing masing tugas setiap jabatannya. Apabila penasaran dengan tugas tugas masing posisi yang ada, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan buat kalian semua sebagai berikut.

1. Restoran Manager

Untuk yang pertama adalah Restoran Manager, merupakan jabatan paling tertinggi dimana memiliki tanggung jawab terhadap kelancaran pada sebuah restoran dan memantau apa yang seharusnya dilakukan setiap jabatan yang sudah tersedia. Selain itu juga memiliki tanggung jawab sangat besar akan kemajuan dari sebuah restaurant yang sedang dijalankan.

2. Assistant Restoran Manager

Selanjutnya ada Assistant Restoran Manager memiliki tugas untuk membantu pekerjaan Restoran Manager untuk mengelola restoran sehari hari dan mengawasi setiap aktivitas setiap pekerja sesuai dengan jabatan masing masing. Selain itu juga melakukan pengecekan akan kesiapan dari masing masing divisi yang ada pada sebuah restoran besar.

3. Head Waiter

Kemudian ada Head Waiter merupakan salah satu jabatan paling tinggi pada divisi pelayanan atau service, jabatan ini bisa dikatakan setara dengan Supervisor. Adapun tugasnya cukup banyak mulai dari cek menu tersedia, meja makan, mengecek kesiapan bahan bahan untuk pembuatan menu dan pastinya masih banyak lagi tugas yang dibebankan.

4. Assistant Head Waiter

Assistant Head Waiter memiliki tugas yang tidak jauh berbeda dengan Head Writer dimana tugasnya hampir sama, namun terkadang menjadi pengganti ketika Head Writer berhalangan hadir. Maka assitant wajib sekali menggantikan semua tugas yang di emban menjadi Head Waiter, selain itu juga harus menjalankan tugasnya sendiri.

5. Captain

Berikutnya ada Captain, jabatan satu ini memiliki tugas untuk melayani para tamu dalam melakuklan penyajian tertentu serta mengambil semua pesanan tamu yang ada. Selain itu masih ada beberapa tugas lain jika posisi menjadi Captain seperti mengawasi kinerja para waiter, mengawasi sekitar dari kebersihan tempat, meja dan lainnya dan pastinya masih banyak lagi lainnya.

6. Waiter / Waitress

Selanjutnya ada Waiter atau Waitress yang mana memiliki tugas untuk melayani setiap tamu yang datang, adapun untuk tugas lebih spesifiknya meliputi menyiapkan semuanya sebelum restoran buka, mencatat dan mengantarkan setiap pesanan, mengambil sisa makanan serta piring dan gelas yang kotor serta membersihkan meja yang selesai digunakan oleh para tamu.

7. Busboy

Lalu ada Busboy, secara umum tidak jauh berbeda seperti Waiter atau Waiters dimana akan membantu semua tugas tugasnya. Akan tetapi lebih difokuskan untuk membersihkan sisa sisa makanan yang di pesan oleh tamu, lalu membersihkan meja telah dipakai oleh pengunjung.

8. Hostess

Terakhir ada Hostess dimana jabatan ini memiliki tugas untuk menyambut setiap tamu yang datang berkunjung dan memiliki tugas lain yang harus dilakukan seperti mengantarkan setiap tamu ke beberapa meja yang masih kosong atau tempat yang sesuai dengan keinginan dari tamu yang datang.

Apakah Setiap Restoran Wajib Terdapat Struktur?

Tentu sangat wajib, karena nanti restoran akan berjalan sesuai visi misinya

Apa Saja Jabatan yang Ada di Restoran?

Ada banyak mulai dari manager, captain, pelayanan dan lain lain

Kesimpulan

Apabila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa setiap restoran pastinya memiliki sebuah struktur organisasi, meskipun restoran tersebut bisa dikatakan kecil. Jadi sangat disarankan sekali untuk membuat struktur organisasi sesuai dengan kompeten dari masing masing orang atau juga disesuaikan dengan jabatannya masing masing.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai contoh struktur organisasi restoran beserta pengertian dapat Boundaryd.com sampaikan kepada kalian semua yang sedang membutuhkan. Semoga saja dengan adanya penjelasan seperti tersebut bisa membantu semua orang sedang membutuhkan informasi sudah kami sampaikan kepada kalian semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.