10 Contoh Komplain Tamu di Restoran dan Cara Mengatasinya

Photo of author
Written By Witniati

Contoh Komplain Tamu di Restoran dan Cara Mengatasinya – Image sebuah restoran / tempat makan yang mungkin akan selalu di cari para pelanggan adalah kualitas pelayanan, rasa dan tempat. Dari sini banyak pemilik restoran terus berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggan mereka.

Kurang / bahkan tidak bagusnya pelayanan yang diterima konsumen saat mendatangi restoran besar kemungkinan akan membuat citra dan nama besar restoran menjadi buruk. Karena beberapa dari konsumen jelas akan melakukan komplain terkait pelayanan yang kurang memuaskan.

Bentuk komplain yang diberikan pelanggan kepada pihak restoran sendiri ada cukup banyak macamnya. Salah satu contoh komplain tamu di restoran yang paling umum adalah kualitas rasa yang amburadul & tempat yang kotor, lantas jika sudah seperti ini bagaimana cara mengatasinya?.

Contoh Komplain Tamu di Restoran dan Cara Mengatasinya

Sebagai salah satu tempat umum yang hampir setiap hari akan terus didatangi pelanggan baru. Jelas resiko mendapatkan komplain karena kurangnya perhatikan pemilik / petugas restoran terhadap tempat, menu, sajian atau lain sebagainya sudah pasti bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, disaat Anda berencana membuat / membangun bisnis restoran. Hal pertama yang harus dan perlu bahkan wajib dipahami adalah arti dari kata restoran. Dengan begitu setidaknya seluruh makna yang terkandung di dalam arti tersebut bisa selalu Anda terapkan untuk meminimalisir komplain pelanggan.

Namun seperti apa yang sudah kami singgung di atas, meskipun sudah semaksimal mungkin kita dapat memberikan pelayanan terbaik. Tetap saja komplain tamu di restoran tentu akan ada. Untuk itu berikut adalah beberapa contoh komplain tamu di restoran dan cara mengatasinya yang bisa Anda pelajari.

1. Tidak Ada Gambar & Harga di Daftar Menu

Salah satu contoh komplain tamu di restoran yang mungkin paling kita jumpai yakni terkait masalah daftar menu. Dimana beberapa pelanggan seringkali melakukan komplain kepada pihak restoran karena daftar menu yang didapat tidak ada gambar dan juga daftar harganya.

Yah, jika sudah seperti ini sepertinya bisa dibilang cukup fatal. Mengingat keberadaan daftar menu yang lengkap dengan gambar + harga akan menjadi patokan bagi restoran untuk mengetahui seberapa besar minat pelanggan terhadap menu dengan harga yang tertera.

Dengan begitu kedepannya pengelolaan restoran pun akan menjadi lebih mudah dalam menyediakan menu baru yang sesuai dengan rata-rata kemampuan pelanggan. Jika mendapati komplain seperti ini, sebenarnya solusi paling gampang merubah dan menambah foto menu makanan & harga sesuai kategorinya.

2. Kebersihan Restoran yang Kurang Bagus

Banyak faktor yang akan dapat membuat tamu restoran merasa betah atau bahkan kembali lagi mengunjungi serta memesan menu hidangan di sebuah restoran. Satu dari sekian banyaknya faktor tersebut adalah kebersihan restoran baik itu dari sisi tempat, meja makan, hingga alat makan & minum.

Jika hal ini terus dibiarkan dan mengabaikan komplain tamu di restoran, lambat laun hal ini akan dapat membuat konsumen / tamu mulai tidak betah dan memilih pergi ke restoran lain. Untuk itu pastikan jika ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pastikan kebersihan restoran dari sisi tempat selalu di jaga.

3. Seringnya Salah Antar Pesanan

Buat yang cukup sering makan di restoran tentu pernah dong mengalami masalah pesanan yang datang tidak sesuai dengan apa yang kita pesan di awal. Yah hal ini mungkin bisa saja terjadi di restoran manapun, terutama bagi restoran yang punya sistem pemesanan secara manual.

Meski mungkin merupakan hal sepele dan dapat ditukar dengan menu awal yang dipesan. Akan tetapi apabila hal ini sering terjadi pada tamu yang berbeda. Mungkin akan kurang etis jika hal ini terus-terusan dibiarkan. Karena selain akan membuat tamu sedikit kecewa.

Terkadang juga akan membuat tamu enggan datang kembali karena mereka menganggap kurangnya perhatian kepada para pelanggan yang merupakan“raja” ketika datang sebagai tamu restoran.

4. Rasa Makanan Tidak Konsisten

Seperti boundaryrd.com singgung di awal, salah satu hal yang sangat membantu sebuah restoran untuk terus mendapatkan tamu / konsumen setiap harinya adalah rasa yang konsisten pada menu andalan yang dimiliki.

Yah, hal ini memang menjadi salah satu bagian paling penting ketika Anda sebagai pemilik restoran agar bisa menjaga kualitas makanan agar rasa yang ada tetap konsisten. Meski terbilang susah, akan tetapi Anda harus terus berusaha agar mendapatkan cara mengatasinya.

Sebab selain di atas, contoh komplain tamu di restoran yang mengeluhkan rasa yang tidak karu-karuan “amburadul” bukanlah hal baru, apalagi jika restoran baru, mungkin hal ini akan selalu ada.

5. Kurangnya Perhatian Kasir ke Pelanggan

Perlu di garis bawahi bawah melayani tamu restoran bukan hanya sekedar memberikan daftar menu dan menyajikan menu yang dipesan. Akan tetapi memberi layanan terbaik kepada tamu juga harus di lakuakan ketika mereka membayar di kasir.

Maka dari itu, pastikan setiap kasir yang ada di restoran tahu bagaimana cara menjamu tamu restoran yang akan melakukan pembayaran. Nah terkait masalah ini hal paling penting yang perlu dilakukan kasir yakni memberikan interaksi yang baik kepada tamu saat ingin membayar.

Contoh kecil yang bisa kasir lakukan yakni mengecek ulang setiap pesanan yang ada, menyampaikan apabila sedang ada promo diskon serta menanyakan mau membayar dengan menggunakan debit / cash. Dengan begitu konsumen akan merasa dimudahkan dan diperhatikan.

6. Waktu Pengambilan Peralatan Makan & Minum yang Kurang Tepat

Contoh komplain tamu di restoran dan cara mengatasinya berikutnya adalah masalah waktu pengambilan peralatan makan & minum yang bisa dibilang kurang tepat. Yah, mungkin Anda pernah mengalami masalah ini dan tentu hal tersebut akan kurang nyaman bukan?.

Kondisi ini terkadang membuat perspective / pandangan para tamu kurang bagus, karena mereka akan menganggap bahwa sikap pelayan tersebut seakan memerintahkan kita untuk segera menyelesaikan makanan & pulang.

7. Kurang Ramahnya Karyawan / Staff

Kondisi dimana para pelayan memberikan sambutan, sikap dan tutur kata yang sopan jelas menggambarkan restoran akan dapat berkembang dan bertahan di sengitnya persaingan yang ada saat ini.

Pun begitu seiring dengan berjalannya waktu, terkadang banyak hal tersebut yang larut dan hilang. Bahkan terkadang mungkin pernah Anda menemukan pelayan yang terkesan jutek & judes.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu komplain ke pihak restoran agar petugas / staf tersebut mendapatkan teguran dari pihak restoran.

8. Tidak Sebanding Promosi Iklan & Menu Nyata

Pernahkah Anda menemukan sebuah promosi iklan tentang restoran yang begitu menarik perhatian? Yah ini adalah salah satu cara agar restoran mendapatkan banyak konsumen. Bahkan mereka bisa beriklan di berbagai media.

Hanya saja komplain juga sering diberikan kepada pihak restoran karena sesampainya di lokasi tamu justru tidak mendapatkan apa yang mereka lihat di iklan. Untuk itu solusi paling mudah bagi restoran adalah beriklanlah dengan menggunakan foto nyata / real.

9. Kebersihan Toilet yang Sangat Kurang

Sarana umum dalam sebuah restoran seperti halnya toilet tentu shda menjadi bagian paling penting dan harus ada. Karena setiap tamu mungkin akan membutuhkannya ketika sedang berkunjung.

Pun begitu, komplain tamu di restoran tentang kebersihan toilet juga menjadi bagian yang paling banyak diberikan. Pasalnya kebersihan toilet dari restoran mereka kotor dan kurang diperhatikan.

10. Kurang Responsifnya Restoran Saat Ada Komplain

Contoh komplain tamu di restoran dan cara mengatasinya berikutnya adalah terkait masalah respon yang kurang tanggap terhadap komplain yang diberikan pelanggan kepada pihak restoran.

Bahkan tidak bisa kita pungkiri hal ini terkadang membuat kita sebagai tamu cukup kesal, karena seakan tanggapan / komplain yang kita berikan kurang di respon. Apabila menemukan restoran model begini saran kami satu, tinggalkan dan jangan pernah kembali lagi.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya beberapa contoh komplain tamu di restoran dan cara mengatasinya. Yang jelas setiap restoran di Indonesia akan punya standar SOP yang berbeda-beda.

Jadi masalah yang sama belum tentu ada di setiap restoran yang Anda datangi. Namun apabila beberapa contoh komplain di atas pernah Anda alami, boundaryrd.com sangat menyarankan untuk pindah restoran saja karena pelayanan yang tidak bagus benar-benar sangat menyesalkan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.