Apa Arti dari Kata Restoran? Jenis, Daftar Restoran Indonesia!

Photo of author
Written By Witniati

Apa Arti dari Kata Restoran – Dalam industri bisnis modern, usaha kuliner atau bisnis restoran menjadi salah satu tipe bisnis yang cukup cepat berkembang di Indonesia. Tidak heran bila hampir di setiap kota, kabupaten, atau wilayah dimanapun kita berada terdapat restoran.

Melihat dari sisi bisnis / usaha, restoran bisa dikategorikan ke dalam beberapa tipe seperti restoran skala kecil, besar, pribadi ataupun perusahaan. Dan umumnya di setiap restoran sendiri terdapat menu spesial yang menjadi citra / ciri khas dari restoran tersebut agar lebih mudah dikenal masyarakat.

Cepat berkembangnya usaha restoran di Indonesia sebagai tempat makan dan bersantai pun tak terlepas dari minat masyarakat yang begitu besar dengan berbagai macam hidangan. Apalagi bila bicara restoran, jelas ini akan selalu berkaitan dengan isi perut yang hampir setiap hari harus terus terisi.

Namun apa sih sebenarnya restoran dan apa arti dari kata restoran sebenarnya?. Menyangkut hal tersebut, disini boundaryrd akan menjelaskan secara lengkap tentang definisi kata restoran agar foodie yang suka meluangkan waktu makan di restoran lebih bisa memahaminya.

Apa Arti dari Kata Restoran

Bicara apa arti dari kata restoran sebenarnya disini ada banyak sekali definisi yang bisa dibagikan. Salah satu contohnya bila kita melihat dari sisi KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dimana arti dari kata restoran / dalam bahasa inggris restaurant menurut KBBI adalah rumah makan / tempat makan.

restoran/res·to·ran/ /réstoran/ n rumah makan

Sementara bila dilihat dari sisi pengertian / penjelasan umum. Maka arti dari kata restoran adalah tempat atau bangunan yang dibangung dan diperuntukkan dalam cakupan publik untuk menjual makanan & minuman. Baik itu secara dihidangkan, prasmanan / memilih sendiri.

Kemudian arti dari kata restoran menurut Marsum (2005) dalam Kristina (2013:10). Definisi restoran adalah suatu tempat / bangunan yang diorganisasikan secara komersial guna menyelenggarakan pelayanan terbaik pada tamu untuk kegiatan makan maupun minum.

Meski secara garis besar restoran merupakan tempat makan dan minum namun bila kita melihat arti dari kata restoran / definisi restoran menurut para ahli bisa dibilang ada cukup banyak penjelasannya. Nah berikut ini adalah beberapa definisi restoran menurut para ahli.

  • Soekresno (2001)
    Restoran merupakan suatu usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan & minum bagi umum serta dikelola dengan cara profesional.
  • Powers (2003)
    Restoran adalah tempat umum yang khusus menjual makanan untuk dikonsumsi di suatu tempat.
  • Walker (2004)
    Restoran adalah tempat dimana pengunjung dapat menggunakan alat indra untuk menikmati pelayanan tertentu.
  • Ninemeier dan Hayes (2006)
    Restoran adalah operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan dimana basis utamanya termasuk didalamnya adalah penjualan makanan / minuman kepada individu serta tamu dalam kelompok kecil.
  • Powers, Barrows, & Reynolds (2012: 68)
    Kata restoran berasal dari bahasa Perancis “restaurer” yang berarti “restorer of energy / pengembalian energi. Istilah ini mulai dipakai dari awal hingga pertengahan tahun 1700-an untuk mendefinisikan tempat umum yang menjual sup & roti. Namun, dalam perluasan definisi ini, dijelaskan bahwa segala / semua tempat umum yang menjual makanan bisa disebut restoran.
  • Permen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.11 Tahun 2014
    Restoran adalah usaha penyediaan jasa makanan & minuman dengan dilengkapi peralatan & perlengkapan untuk proses pembuatan, penyiapan sampai penyajian di suatu tempat dan tidak berpindah-pindah untuk mendapatkan keuntungan &/ laba.

Sejarah Restoran

Sejarah Restoran

Mendengar nama restoran era modern saat ini mungkin hampir sebagian kalangan sudah begitu paham bahwa restoran merupakan tempat makan & minuman. Namun apakan Anda pernah berpikir tentang bagaimana sejarah restoran, siapa pendiri, dan dimana restoran pertama kali ada?.

Apabila Anda memiliki pertanyaan tersebut, kami rasa tepat sekali disini. Karena setelah sebelumnya membahas mengenai definisi / arti kata dari restoran disini boundaryrd akan coba memberikan penjelasan singkat tentang sejarah restoran dari awal hingga dikenal sampai saat ini.

Pertama-tama yang perlu untuk kita ketahui bahwa restoran / tempat makan pertama kali ada di dunia ini yakni sejak kurang lebih 600 s/d 800 tahun lalu. Yang dimana menurut buku dengan judul Dining Out: Global History of Restaurants dari karya Elliot Shore & Katie Rawson.

Dikatakan bahwa tempat bangunan dengan konsep menyerupai restoran pertama kali ada di dunia yakni sekitar tahun 1.100 dan terdapat di daratan China. Yang dimana bangunan dengan konsep tempat makan di China tersebut terdapat di pusat kota China kala itu yakni di Kaifeng (utara) & Hangzhou (selatan) pada abad ke-12.

Terbentuknya restoran di wilayah tersebut sendiri didasarkan pada permintaan tinggi para pedagang yang kala itu sering melakukan perjalanan dari utara ke selatan / sebaliknya untuk urusan perdagangan. Dimana pada saat itu mereka sama sekali tidak terbiasa dengan makanan yang bukan berasal dari wilayah mereka.

Oleh karena itulah di kota-kota tersebut akhirnya didirikan restoran yang didalamnya berisikan menu makanan / hidangan sesuai dari kota di mana mereka berasal. Kemudian di Jepang restoran pertama kali muncul justru bukan dari sisi makanan melainkan dari sisi minuman yukni kedai teh di tahun 1.500-an Masehi.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, konsep restoran seperti di dua negara tersebut akhirnya masuk ke daratan Eropa. Hanya saja terdapat perbedaan, dimana pada restoran modern di Eropa makanan yang disajikan akan langsung di santap di muka umum bersama dengan banyak orang dan hanya akan ada di jam 1 siang.

Setelah itu restoran pun mulai berkemabang menjadi seperti sekarang dengan masuknya era restoran pertama kali di Prancis. Dimana revolusi besar sejarah tentang restoran sangat besar di sini. Karena restoran di Prancis sudah mulai menawarkan menu, hanya saja memang kala itu menu utamanya masih kaldu.

Dan lambat laun restoran-restoran di Prancis akhirnya mulai menambah menu hidangan yang dapat dipilih / disesuaikan dengan keinginan para pelanggan dari mulai Anggur, Ayam Rebus, hingga makanan mewah lainnya. Dan akhirnya sampai dengan detik ini restoran-restoran besar nan modern pun mulai bermunculan.

Jenis-Jenis Restoran

Memasuki era modern seperti saat ini, setidaknya sudah ada banyak sekali tipe dan jenis restoran untuk bisa kita gunakan sebagai tempat makan, minum dan bersantai. Mengingat memasuki era canggih ada banyak hal menarik yang disematkan di sebuah restoran dengan tujuan untuk menarik minat para konsumen.

Nan bicara tentang jenis jenis restoran, setidaknya disini ada tiga jenis restoran yang bisa kalian ketahui yaitu:

  • Jenis restoran menurut para ahli
  • Jenis restoran hotel
  • Jenis restoran sesuai sistem pengelolaan

Dimana di setiap jenis-jenisnya tersebut memiliki banyak ragam tipe & macamnya. Nah untuk Anda yang ingin mengetahuinya, silahkan lihat penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Restoran Menurut Para Ahli

Jenis Restoran Menurut Para Ahli

Mengacu pada penjabaran dari ahli restoran yakni Marsum (2000), beliau membagi jenis restoran yang ada ke dalam 7 tipe, dan ke-7 jenis restoran tersebut antara lain:

1. Snack Bar / Milk Bar

Snack bar / Milk bar merupakan jenis restoran fast food yang secara garis besar tidak memiliki izin resmi untuk beroperasi serta tidak punya alokasi tempat yang luas. Meski demikian pelayanannya bisa dibilang sangat cepat.

2. Table D’hote Restaurant

Salah satu jenis restoran yang dalam usahanya menawarkan cukup banyak jenis hidangan dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya. Contoh hidangan di restoran jenis ini antara lain seperti:

  • Appetizer
  • Dessert
  • Main course

3. Speciality Restaurant

Jika mencari jenis restoran yang punya penyajian unik dalam menghidangkan makanannya. Maka jenis restoran Speciality Restaurant adalah pilihan paling tepat untuk Anda kunjungi.

Dalam perjalannya, jenis restoran ini seringkali menyediakan makanan khas dari beberapa negara besar termasuk seperti:

  • Makanan khas Jepang
  • Makanan khas Korea
  • Makanan khas Thailand
  • Makanan khas Eropa

4. A La Carte Restaurant

Apabila Anda sedang mencari restoran dengan harga yang bervariatif setiap menu hidangan / makanan yang disajikan. Maka restoran dengan jenis A La Carte Restaurant adalah pilihan yang tepat.

Dimana jenis restoran ini selain menawarkan cukup banyak jenis menu hidangan / makanan yang bisa dipesan. Juga memiliki varian harga yang sangat beragam yang ditentukan dari jenis makanan yang di pesan.

5. Cafetaria

Kemudian ada juga jenis restoran bernama Cafetaria. Melihat dari sisi nama, jenis restoran ini sama halnya seperti cafe-cafe pada umumnya. Yang mana menu hidangan bisa dipesan sangatlah terbatas, seperti halnya:

  • Teh
  • Nasi Goreng
  • Kopi
  • Coklat
  • Mie Instan
  • Kue
  • Roti

6. Family Type Restaurant

Sesuai namanya, jenis restoran Family Type Restaurant merupakan salah satu jenis restoran yang sangat cocok digunakan dan dipilih jika kalian sedang bepergian bersama keluarga. Salah satu kelebihan restoran tipe ini adalah harga relatif murah.

7. Inn Tavern

Seperti penjelasan tentang apa arti dari kata Restoran seperti di atas kami jelaskan. Ada beberapa jenis / tipe restoran yang dibangung perorangan maupun perusahaan. Nah Inn Tavern adalah salah satu jenis restoran dari jenis perorangan.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari jenis restoran ini adalah harga relatif murah dan memiliki pilihan hidangan yang relatif punya rasa lezat serta memiliki lokasi strategis.

Jenis Restoran di Hotel

Jenis Restoran di Hotel

Memasuki era modern restoran / tempat makan dan minum sendiri mulai masuk dan menjadi salah satu bagian dari keberadaan Hotel. Dimana dalam perjalanannya, sekarang ini hotel sendiri memiliki beberapa jenis restoran, diantaranya seperti:

1. Integrated to The Hotel

Merupakan jenis restoran yang secara sistem pengelolaannya masuk dalam fasilitas hotel. Dalam hal ini jenis makanan / menu hidangan yang ada pun bisa dibilang eksklusif dengan standar hotel itu sendiri. Dan jenis ini umumnya masuk ke dalam sistem pengelolaan hotel.

2. Self Operation Restaurant

Kemudian pada jenis ini ada juga tipe restoran Self Operation Restaurant. Yang dimana secara sistem pengelolaannya restoran ini lebih independent karena bukan termasuk dalam jaringan hotel dan bisa dibilang merupakan restoran hotel yang dikelola secara perorangan.

Jenis Restoran Sesuai Sistem Pengelolaan

Jenis Restoran Sesuai Sistem Pengelolaan

Jenis restoran terakhir yang bisa Anda ketahui yaitu jenis restoran yang dilihat dari sistem pengelolaannya. Dalam hal ini terdapat tiga pilar utama yang bisa kami sampaikan yaitu:

  • Jenis restoran non-formal
  • Jenis restoran formal
  • Jenis restoran khusus

Sama seperti jenis restoran menurut para ahli di atas. Pada bagian ini setidaknya setiap jenisnya memiliki beberapa perluasan lagi yang dibagi berdasarkan kriteria tertentu. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini.

1. Restoran Non Formal

Pertama ada restoran Non Formal. Tipe / model restoran ini termasuk salah satu tempat yang menawarkan makanan & minuman yang mengunggulkan kesan simple, praktis dan cepat.

Dan yang termasuk dalam restoran Non Formal sendiri antara lain seperti:

  • Kantin
    Mendengar namanya mungkin sudah tidak lagi asing kan? yah, kantin merupakan tempat makan yang umumnya lebih mudah dijumpai di gedung-gedung seperti sekolah, kantor / kampus. Menu hidangannya relatif murah tapi tidak terlalu banyak pilihannya.
  • Cafe
    Kata cafe juga pasti sudah tak lagi asing. Bagi generasi millennial pasti sudah akrab dengan hal ini. Merupakan tipe restoran yang hanya menyediakan makanan & minuman ringan dengan harga terjangkau & punya suasana cocok untuk nongkrong dan ngobrol.
  • Coffee Shop
    Sesuai dengan namanya, restoran ini hanya memiliki menu hidangan utama berupa kopi. Pun begitu umumnya memiliki banyak pilihan varian kopi yang bisa dipesan dan kebanyakan memiliki sistem penyajian ala American Service.
  • Bistro
    Ada juga restoran non-formal bertajuk Bistro atau tempat makan berukuran kecil dengan pilihan menu cukup beragam di hampir setiap harinya.
  • Pub (Public House)
    Gaya restoran ini lebih lekat ke daratan Inggris, yang menawarkan menu hidangan bervariasi sama seperti Bar.
  • Sandwich Corer / Burger Corner

2. Restoran Formal

Selain non formal, jika dilihat dari sistem pengelolaannya ada juga jenis restoran formal. Dimana tipe restoran ini secara garis besar memiliki pengelolaan, penyajian hingga pelayanan yang dilakukan dengan cara formal, personal, ekslusif & komersial.

Jenis ini bahkan terbagi ke dalam beberapa tipe / model. Nah berikut beberapa tipe / model restoran formal menurut Soekresno (2000).

  • Gourmet
    Adalah tipe restoran dengan penyajian menu unik, istimewa, serta premium dengan bahan dasar pembuatannya terbilang jaran ditemukan / langka sehingga menu-menunya punya harga yang relatif mahal.
  • Grilled Restaurant
    Adalah restoran dengan menu hidangan berkualitas dan memiliki teknik pemasakan serta penyajian berjuluk Flamve & Carving. Atau pemasakan / penyajian menunya langsung di depan konsumen.
  • Main Dining Room
    Kesan mewah, premium dan mahal tergambar jelas pada restoran formal tipe Main Dining Room. Umumnya tipe restoran ini ada di hotel bintang lima yang jam operasionalnya hanya ada di siang s/d malam hari.
  • Supper Club
    Restoran utama sebagai panggung hiburan yang lekat dengan nuansa modern seperti musik, drama, komedi. Dan sifat dari restoran ini hanya untuk membantu pengunjung mendapatkan hiburan.

3. Restoran Khusus

Restoran terakhir yang bila dilihat dari sisi pengelolaannya terakhir adalah restoran khusus. Sesuai namanya restoran khusus ini biasanya menghadirkan menu makanan yang berasal dari negara-negara tertentu.

Contoh restoran khusus sendiri seperti halnya:

  • Indonesia Food Restaurant
  • Italian Food Restaurant
  • Korean Food Restaurant
  • Thai Food Restaurant
  • Japanese Food Restaurant
  • dll.

Perbedaan Restoran Formal, Non Formal & Khusus

Nah setelah kita mengetahui apa arti kata dari restoran, jenis dan juga sejarah singkatnya. Berikut adalah perbedaan antara restoran formal, non-formal serta khusus yang kami simpulkan dari pembahasan di atas.

KriteriaKhususNon FormalFormal
Sistem penyajianSesuai budaya negara asalAmerican Service
Ready Plate
Self Service
Counter Service
Russian Service
French Service
MenuKhas dari sebuah negara populerMenu terbatas
Menu mudah dibuat
Menu Klasik
Menu Eropa
Daftar MenuDibawa pramusaji & diberikan ke pembeliDipasang di counter / di setiap meja
Penerimaan customerPesanLangsungPesan
Jam operasionalSiang s/d malamSiang s/d malam (tidak ada menu sarapan)Siang s/d malam (tidak ada menu sarapan)
HargaMahalStandar / murahRelatif mahal
HiburanBiasanya disesuaikan dengan budaya negaraLive music, lantai dansa
source: https://www.amesbostonhotel.com/jenis-jenis-restoran/

Daftar Restoran Terbaik di Indonesia

Dan setelah mengetahui arti kata dari restoran, jenis serta perbedaan dari setiap jenis restoran seperti di atas. Berikut ini daftar lengkap restoran terbaik di Indonesia.

WilayahNama Restoran
SemarangRestoran Kampung Laut
Koenokoeni Cafe Gallery
Delman Resto
Pesta Keboen Restoran
Kedai Gula Jawa
Rumah Makan Selera Indonesia
Nglaras Rasa
BogorGrand Garden Resto & Cafe
Two Stories
Kedai Soto Ibu Rahayu
Capriccio
Nicole’s Kitchen and Lounge
Lemongrass
Cimory Riverside
MalangToko Oen Malang
Ronde Titoni
Hot Cui Mie Malang
Fifteen Celcius Sky Lounge
Djati Lounge
Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah Asli 1975
Bakso Bakar Pak Man
PalembangKampung Kecil Palembang
Pindang Musi Rawas
Pagi Sore Palembang
Serendipity Cafe
RM Sri Melayu
SukabumiSunda Rasa
Bubur Ayam Bu Nut
Praline Coffee Shop & Patisserie
Piscok Cakra
Mochi Kaswari Lampion
Ramen Udin
PurwokertoTable Nine
Mang Engking
Kemangi Resto
Bakso & Soto Sami Asih
Ayam Penyet Suroboyo
Oemah Daun
Super Sambal (SS)
Bebek Goreng Haji Slamet
Mayashi
Ayam Goreng Tantene
Red Chili
Gereh Lodeh
Furama
D’saung
Sambel Layah
BanjarnegaraAyam Geprek Banjarnegara
Rumah Makan Sari Rahayu
Rumah Makan Saung Bu Mansur
Oemah Tahu Sumedang Mang Eman 2
Kedai Woeloeng Semampir
Rumah Makan Kandang Kebo
Bebek Goreng H Slamet
Rumah Makan Pondok Gurih Resto
Rumah Makan Batam Seafood
BandungMandarin Restaurant
Boda Barn
Se’i Sapi Lamalera
The Valley Bistro Cafe
Paviliun Sunda
Kampung Daun Culture Gallery & Cafe
MedanTip Top Medan
Budaya Resto
BPK Tesalonika
Mie Tiongsim
The Thirty-Six
Rumah Makan Tabona
Jakarta (Pusat, Selatan, Barat)Table8 Mulia Hotel
Palm Court Four Seasons Hotel
Li Feng Mandarin Oriental
OKU Kempinski
View Restaurant & Bar Fairmont
Pasola The Ritz-Carlton Hotel
The Dining Room Raffles
C’s Steak and Seafood Restaurant Grand Hyatt
Grand Café Grand Hyatt
Tom’s by Tom Aikens The Langham
SoloEaternity
Ayam Ayam Resto
Warung Selat Solo Mbak Lies
Tiga Tjeret Cafe
Goela Klapa Authentic Indonesia
Omah Sinten Heritage Hotel & Resto
Goela Klapa Authentic Indonesia
YogyakartaKesuma Restaurant
Mediterranea Restaurant by Kamil
Yogyakarta Kitchen by Marriott
Balcony Kitchen & Pastry
Taman Sari Bar & Grill Restaurant
Rosella Easy Dining
Sekar Kedhaton Restaurant
Thyme Beef Bar & Eatery
Abhayagiri Restaurant
PurbalinggaSoto Bancar Bu Misdar
Ayam Penyet Surabaya
Rumah Makan Wapo Kebon Kelapa
Waroeng Djoglo
Nasi Goreng Flamboyan
Sambel Godres Mbah Badrun
CilacapRM Sate Kambing Sidoroso Klaten
Rumah Makan Sari Laut
DSC Dapur Seafood Cilacap
Warung Bang Jul Kroya
Rumah Makan Taman New Aroma
Rumah Makan Ka Ho
Sate Ayam Martawi
Warung Bang Jul
Resto Green Village
BekasiKoma Junkyard
Tsamara Resto
JW 54
Double U Steak
Sky Resto & Lounge
Kopi Tjan
CirebonKampoeng Daun
Tomodachi Steak & Seafood
Klapa Manis
Salt Sunda & Seafood
Golden View House Crab
Empal Gentong H Apud
Al Muntaz Restaurant
Raja Dimsum
SurabayaBromo Kafe
Kawi Lounge
Pavilion Restaurant
Citrus Lee
Lung Yuan Chinese Restaurant
DepokMujigae
Fat Bubble
Waroeng SS
Mang Kabayan
Warung Pasta Depok
Milan Pizzeria Cafe
Pondok Ikan Bakar Kalimantan
BaliMerah Putih Restaurant
Warung Little Bird
Bambu Restaurant
Warung Apple
Putu’s Wild Ginger
Gabah Restaurant & Bar
Cafe Harmony Amed
Komang John’s Café
Padi Organic
Catatan: Untuk Daftar Restoran Indonesia Yang Kami Beritahukan Diatas Akan Selalu Bertambah Jadi Silahkan Bookmark Artikel Ini Supaya Kalian Bisa Mendapatkan Informasi Terbaru Dari Informasi Daftar Restoran Terbaik Di Seluruh Wilayah Indonesia.

FAQ

Apa arti dari kata Restoran?

Tempat Makan & Minum dengan berbagai macam menu hidangan yang bisa dipesan sesuai kebutuhan.

Cafe dan restoran apa bedanya?

Cafe lebih diperuntukkan untuk tempat nongkrong dengan menu utama berupa kopi dan makanan ringan. Sedangkan restoran lebih fokus ke penawaran seluruh jenis makanan untuk mengembalikan tenaga.

Apa jenis jenis restoran?

Fine Dining, Casual Dining, Restoran Keluarga, Restoran Fast Casual, Fast Food, Cafe, Buffet, Pop Up Restaurant, Ghost Restaurant, Bistro

Apa bedanya bistro dan restoran?

Bistro bisa dikatakan sama dengan restoran, hanya saja skala usahanya terbilang kecil. Sedangkan restoran merupakan tempat makan dengan manajemen, SOP yang sangat tertata serta memiliki begitu banyak jenis menu yang dihidangkan.

Akhir Kata

Melihat penjelasan singkat tentang apa arti dari kata restoran di atas, jelas bisa kita katakan bahwa restoran merupakan tempat makan dengan beragam pilihan menu dan varian harga yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. Tapi dalam bisnis ini pun terdapat banyak sekali tipe / model restoran yang juga perlu Anda pahami.

Sumber: amesbostonhotel.com, google.com, kompas.com, kbbi.web.id, pixabay.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.