Harga Ikan Lele Per Kilogram di Pasaran Terbaru Juli 2024

Harga Ikan Lele Per Kilogram – Lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sering dijumpai di pasar tradisional ataupun modern. Karena mudah untuk dibeli, ikan tersebut selalu menjadi pilihan bagi sebagian orang saat pergi ke pasar. Ikan tersebut memang menjadi favorit makanan konsumsi bagi masyarakat berbagai kalangan mulai dari yang muda hingga tua.

Biasanya, ikan lele juga menjadi lauk makanan di tempat seperti warteg, nasi padang dan pecel lele pinggir jalan. Karena banyak peminatnya, budidaya ikan lele menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain cara membudidayakan mudah, harga ikan lele bisa dibilang cukup terjangkau. Berbeda dengan harga ikan gurame 1 Kg yang relatif lebih mahal.

Pasalnya, harga ikan lele per kilogram termasuk murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya yang bisa mencapai ratusan ribu. Sebaliknya, harga ikan lele per kilogram tidak mencapai ratusan ribu. Kamu hanya perlu menyiapkan 50 ribu saja sudah mendapatkan harga ikan lele perkilogram dan itu pun uang nya masih ada kembalian.

Dengan membawa uang 50 ribu saja sudah dapat kembalian. Lantas, berapa harga lele per kilogram yang sudah pasti? pasti kamu penasaran. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, maka sebaiknya simak penjelasan harga ikan lele per kilogram berikut ini.

Cara Memilih Ikan Lele Berkualitas

Sebelum membahas harga per kilogram, sebaiknya kamu harus memahami bagaimana cara memilih ikan lele berkualitas. Dengan begitu, kamu tidak akan terkecoh saat membelinya. Memilih ikan lele merupakan salah satu hal yang harus di perhatikan sebelum membelinya. Untuk itu, kami akan memberikan cara memilih ikan lele berkualitas berikut.

1. Perhatikan Tubuh Lele

Ikan lele yang memiliki bentuk tubuh sehat, maka pergerakannya aktif, lincah dan tidak terlihat lesu. Jangan pilih ikan lele yang tampak malas dan memiliki luka pada bagian tubuhnya. Bisa jadi itu merupakan tanda ikan lele tidak layak konsumsi.

2. Mata Ikan Lele

Pilih ikan lele dengan mata jernih serta cerah. Mata keruh atau terlihat tidak sehat bisa menjadi tanda bahwa ikan lele tersebut memiliki masalah kesehatan.

3. Periksa Bagian Insang

Periksa insang ikan lele sebelum membelinya. Ketika insang ikan lele sehat terlihat ciri nya berwarna merah cerah atau kecokelatan dan tidak ada lendir berlebih atau luka. Insang pucat atau berwarna keabuan, menandakan bahwa ada masalah pernapasan.

4. Pergerakan Sirip

Perhatikan pergerakan sirip ikan lele terlebih dahulu. Sirip ikan lele sehat, biasanya bagiannya utuh, tidak rusak dan bergerak dengan baik. Jangan pilih ikan lele dengan sirip robek, rusak atau menggantung secara tidak normal.

Harga Ikan Lele Per Kilogram

Setelah mengetahui cara memilih ikan lele berkualitas, maka kamu tidak akan terkecoh saat membelinya. Sebelum itu, kamu bisa membaca artikel harga ikan mas 1 Kg agar bisa menjadi referensi. Selanjutnya, kami akan menjelaskan harga ikan lele per kilogram di pasaran saat ini berdasarkan jenisnya.

Jenis Ikan LeleHarga Ikan Lele
Ikan lele lokal atau JawaRp 15.000 – Rp.25.000 per Kilogram
Ikan lele dumboRp 18.000 – Rp.26.000 per Kilogram
Ikan lele sangkuriangRp 17.000 – Rp.25.000 per Kilogram
Ikan Lele MasamoRp 19.000 – Rp.27.000 per Kilogram
Ikan Lele PythonRp 20.000 – Rp.28.000 per Kilogram
Ikan Lele MutiaraRp 20.000 – Rp.25.000 per Kilogram
Ikan Lele AlbinoRp 700.000 – Rp.900.000 per Kilogram

Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Setelah mengetahui harga ikan lele per kilogram, maka kamu harus mengerti manfaat di dalam daging lele untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan daging ikan lele, terdapat protein, vitamin B12, fosfor, kalium dan omega 3.

Lele termasuk dalam jenis ikan rendah kalori dan natrium, tetapi kaya akan lemak sehat, vitamin serta mineral. Itulah alasan mengapa mengkonsumsi ikan lele baik untuk kesehatan. Untuk mengetahui manfaat ikan lele, berikut adalah penjelasannya.

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menjaga berat badan, kami sarankan untuk mengkonsumsi lele. Karena ikan lele memiliki kandungan lemak rendah dan mengandung karbohidrat dan protein tinggi.

Berkat kedua kandungan tersebut, kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi ikan lele. Jika ingin mengkonsumsinya, sebaiknya kamu mengolahnya dengan baik dan benar. Seperti mengukus, merebus, dijadikan sup atau memanggangnya.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Dalam daging lele, terdapat kandungan asam lemak esensial berupa asam lemak omega 3. Asam lemak ini meliputi eisocasapentaenoic acid (EPA) dan docosahexanoic (DHA). Kedua kandungan tersebut, memiliki manfaat menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

3. Merawat Kesehatan Organ dalam Tubuh

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi ikan lele adalah merawat kesehatan organ dalam tubuh, seperti otak, jantung dan mata. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga baik untuk ibu hamil. Karena kandungan asam lemak omega 3 dapat bermanfaat untuk pertumbuhan otak janin agar berjalan dengan optimal.

Karena kandungan asam lemak omega 3, ikan lele memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Pasalnya, kandungan DHA dalam omega 3 adalah salah satu elemen penting penyusun retina mata. Maka dari itu, kandungan tersebut bermanfaat menjaga mata khusunya retina, supaya berfungsi dengan baik.

4. Mampu Mengurangi Peradangan

Kandungan omega 3 dalam ikan lele, memiliki sifat antiinflamasi yaitu sebagai obat untuk mengurangi peradangan. Maka dari itu, ikan lele bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Tetapi, asam lemak omega 3 ini juga mampu menghambat produksi molekus pemicu terjadinya peradangan.

5. Membantu Pembentukan serta Perawatan Tulang

Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam tubuh ikan lele sehingga saat dikonsumsi memiliki manfaat untuk membentuk tulang kuat serta sehat. Fosfor dan kalsium memiliki peran penting dalam pembentukan serta perawatan tulang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari boundaryrd.com mengenai harga ikan lele per kilogram. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang ingin membeli ikan lele dengan harga per kilogram.