Harga Ikan Gurame 1 Kg Februari 2024: Jenis & Ciri Berkualitas

Harga Ikan Gurame 1 Kg – Gurame merupakan salah satu jenis ikan tawar yang terkenal di Indonesia. Ikan gurame sering dipelihara sebagai ikan hias ataupun konsumsi. Biasanya budidaya ikan gurame dilakukan di tempat seperti kolam dengan lebar cukup luas.

Penting untuk memberikan perawatan ikan gurame secara tepat, seperti pemberian makanan yang seimbang, penggantian air kolam secara rutin dan ruang yang cukup untuk bergerak agar ikan gurame hidup sehat. Apabila ikan gurame dalam keadaan sehat maka harga jualnya semakin tinggi.

Umumnya, ikan gurame di perjual belikan dengan harga per kg. Kamu bisa membeli ikan gurame di pasar atau tempat budidaya dengan harga per kg nya. Harga ikan gurame per kg bisa dibilang cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Selain ikan gurame, kami juga menyediakan harga ikan salmon di Alfamart yang cukup terjangkau untuk dibeli. Memangnya berapa sih harga ikan gurame per kg? pasti kamu penasaran bukan. kamu bisa menyimak penjelasan harga ikan gurame per kg berikut ini.

Jenis Ikan Gurame

Di Indonesia, saat ini ikan gurame ada yang dibudidayakan untuk dikonsumsi dan di jadikan hewan peliharaan dirumah. Umumnya, ikan gurame konsumsi memiliki ukuran jauh lebih besar dari ikan hias dan ukuran dagingnya cukup tebal, manis, gurih dan bergizi tinggi.

Sebelum membahas harga ikan gurame 1 kg, sebaiknya kamu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Untuk itu, kami akan menjelaskan jenis ikan gurame berikut ini.

1. Ikan Gurame Soang

Ikan Gurame Soang

Jenis ini disebut ikan gurame soang karena memiliki kepala agak menonjol seperti soang. Jenis ikan gurame tersebut banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ikan gurame soang memiliki angka produktivitas yang cukup tinggi karena pertumbuhannya cepat dan menghasilkan banyak telur

Dalam jangka waktu 9 bulan, ikan gurame soang bisa mencapai bobot rata-rata 500 gram. Hal tersebut menjadikan gurame soang lebih disukai oleh pembudidaya. Gurame soang terkenal sebagai ikan yang makannya cukup banyak.

2. Ikan Gurame Jepang

ikan gurame jepang

Meski memiliki nama gurame Jepang, ikan ini aslinya berasal dari provinsi Jawa Tengah. Ikan gurame Jepang biasanya memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibanding dengan jenis lainnya. Uniknya, ketika masih kecil ikan gurame soang memiliki kebiruan dan ketika dewasa warnanya akan berubah menjadi hitam.

Walaupun ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding dengan ikan gurame soang. Ikan gurame Jepang produktivitasnya juga tinggi sama seperti gurame soang. Dalam sekali bertelur, ikan tersebut menghasilkan 2000 – 3000 telur.

3. Ikan Gurame Porselen

ikan gurame porselen

Gurame porselen terkenal sebagai ikan yang bisa tumbuh dengan cepat serta menghasilkan telur sangat banyak. Jenis ikan ini bisa tumbuh dengan berat mencapai 1,5 kg – 2 kg per ekornya dan menghasilkan 8.000 – 10.000 telur dalam satu waktu.

Ikan gurame porselen memiliki warna merah muda keperakan dengan ukuran kepala yang lebih kecil dibandingkan ukuran tubuhnya. Jenis ikan tersebut memiliki harga jual lebih tinggi dari pada jenis gurame lainnya.

Harga Ikan Gurame 1 Kg

Ikan gurame memiliki harga per kg yang berbeda-beda di setiap daerah Indonesia. Selain karena jenisnya, perbedaan harga ikan gurame bisa disebabkan oleh ketidaksamaan pakan, biaya transportasi serta biaya operasional. Adapun kami menyediakan rekomendasi resep ikan tuna balado, yang bisa kamu aplikasikan saat memasak ikan gurame.

Kamu bisa membeli ikan gurame per 1 kg di pasar terdekat atau tempat budidaya. Namun, sebelum membelinya kamu harus mengetahui besaran harga nya yang berbeda di setiap daerah. Berikut adalah harga ikan gurame per 1 kg

DaerahHarga per 1 Kg
Bali & Nusa TenggaraRp 30.000 – Rp35.000
Jawa BaratRp 32.000 – Rp48.000
Jawa TengahRp 30.000 – Rp45.000
Jawa TimurRp 30.000 – Rp38.000
Kalimantan BaratRp 20.000 – Rp40.000
Kalimantan SelatanRp 34.000 – Rp40.000
Kalimantan TengahRp 35.000 – Rp42.000
LampungRp 34.000 – Rp38.000
RiauRp 35.000
Sulawesi UtaraRp 45.000

Ciri-Ciri Ikan Gurame Berkualitas Terbaik

Setelah mengetahui harga per 1 kg nya, maka kamu harus mengerti ciri-ciri ikan gurame berkualitas terbaik. Agar kamu tidak menyesal saat membelinya nanti. Ikan gurame berkualitas terbaik akan terlihat masih segar dari sisi manapun.

1. Kondisi Mata Ikan

Ikan gurame segar biasanya memiliki kualitas tinggi yang bisa dilihat dari kondisi matanya. Jika masih segar, mata ikan gurame cenderung cembung, menonjol keluar, bening dan terlihat jelas. Apabila mata ikan gurame sudah layu dan berkabut, berarti tandanya sudah tidak segar.

2. Tekstur Daging Ikan

Saat masih segar, tekstur daging ikan gurame terasa agak keras. Untuk mengetahui tekstur daging ikan gurame, kamu bisa menekannya menggunakan tangan. Apabila tekstur daging ikan gurame lembek dan mudah hancur, maka bisa dipastikan bila ikan sudah tidak dalam kondisi segar.

3. Kondisi Badan Ikan

Yang paling mencolok dari ikan gurame ketika pertama kali dilihat adalah bentuk sisiknya. Hal tersebut bisa menjadi yang pertama kali kamu lihat ketika membeli ikan gurame. Untuk memilihnya, pastikan jika tidak ada sisik yang terlepas dari tubuh. Ikan gurame yang sehat tidak akan memiliki luka di bagian tubuhnya.

4. Kondisi Insang Ikan

Insang berwarna merah bersih, segar dan basah adalah salah satu ciri ikan gurame yang berkualitas terbaik. Semakin merah warna insang ikan gurame tandanya masih segar.

Sebaliknya, apabila insang ikan gurame berwarna kecokelatan atau abu dan terlihat kering tandanya sudah tidak segar. Untuk mengecek warna insang ikan gurame, kamu bisa mengangkat penutup insang di sisi kepala ikan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari boundaryrd.com tentang harga ikan gurame per 1 kg. Perlu diperhatikan saat membeli ikan gurame harus melihat kondisi tubuhnya, guna memastikan kondisi daging masih segar. Terima kasih telah membaca artikel di atas.