Harga Ikan Salmon di Alfamart Maret 2024: Cara Memilih & Manfaatnya

Harga Ikan Salmon di Alfamart – Ikan Salmon saat ini menjadi salah satu makanan favorit karena dagingnya lezat serta begitu tebal. Salmon merupakan jenis ikan konsumsi termasuk dalam keluarga dari keluarga Salmonidae.

Ikan Salmon hidup di air tawar tetapi saat sudah dewasa akan bermigrasi ke laut. Lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Salmon yang hidup di laut pasifik memiliki kualitas daging sangat bagus.

Ikan Salmon biasanya sering dijumpai di pasar tradisional. Namun karena peminatnya banyak kini ikan Salmon juga tersedia di Alfamart. Nah jika kalian orang yang malas pergi kepasar pagi-pagi, bisa membeli ikan Salmon di Alfamart saja. Harga nya hampir sama dengan di pasar tradisional.

Ikan Salmon terkenal dengan kandungan gizinya melimpah, sehingga harga nya bisa dibilang mahal. Namun apabila ingin membeli ikan Salmon serta harga keju Mozarella Alfamart kalian akan mendapatkan promo menarik. Berikut penjelasan mengenai harga ikan Salmon di Alfamart.

Harga Ikan Salmon di Alfamart

Harga ikan Salmon di Alfamart tergantung dari jenis yang kalian pilih. Selain itu ikan Salmon biasa dijual dalam bentuk fillet beku serta sudah dipotong. Berbeda dengan di pasar tradisional biasanya dijual masih dalam bentuk ikan utuh.

Namun harga ikan Salmon di Alfamart bisa lebih murah dibanding dengan di pasar. Karena pihak Alfamart menyediakan berbagai macam promo termasuk untuk harga ikan Salmon. Untuk harga ikan Salmon berkisar mulai dari Rp 25.000 – Rp 35.000 per 100 gram. Sementara 1 kg Salmon fillet dihargai berkisar Rp 300.000.

Apakah Harga Ikan Salmon Mahal?

Salah satu alasan mengapa harga ikan Salmon mahal yaitu karena tidak diambil dari perairan Indonesia. Ikan Salmon hidup dibawah suhu 20 derajat celcius, sedangkan suhu perairan di Indonesia 26 derajat celcius.

Mungkin saja yang menyebabkan ikan salmon mahal karena tidak ada di negara kita. Sehingga perlu mengimpor dari negara yang menghasilkannya seperti Norwegia. Meski harga nya mahal masyarakat tetap membelinya.

Hal itu karena ikan Salmon banyak manfaatnya dan memiliki protein tinggi. Maka tak heran jika dijual mahal sama seperti harga SilverQueen di Alfamart. Namun kalian pastinya akan mendapat potongan harga karena setiap bulan Alfamart mengadakan promo untuk produk tertentu.

Apa Ciri-Ciri Ikan Salmon?

Ikan Salmon jantan memiliki panjang tubuh sekitar 84 cm sedangkan betina 71 cm. Ikan ini termasuk dalam golongan ikan tragis dengan hidup secara anadromus. Ikan Salmon tinggal di habitat air tawar, muara ataupun laut. Berat ikan salmon maksimal 7kg pada usia 8 tahun.

Perkembangan ikan Salmon cocok pada temperatur 250 derajat celcius. Sirip punggung lunak jumlahnya sekitar 11-16 buah. Sirip anus lunak sekitar 13-18 dan jumlah tulang punggung 56-57 buah.

Ikan Salmon memiliki kebiasann unik yaitu hidupnya selalu berpindah-pindah tempat selama berkembang biak. Ikan Salmon lahir di perairan air tawar kemudian pindah ke laut setelah dewasa.

Adapun keunikan lainnya dari ikan Salmon adalah mampu menjelajahi sungai sejauh 1.400 km bahkan bisa melawan arus setinggi 2.100 meter.

Cara Memilih Ikan Salmon Masih Segar

Untuk mendapatkan kandungan gizi yang sempurna, kalian harus memilih daging ikan Salmon masih segar. Berikut tips memilih Ikan Salmon masih segar.

1. Kenali Baunya

Saat memilih ikan Salmon, kalian bisa mengenali dari baunya. Ikan salmon yang masih segar tidak berbau amis. Karena Salmon berbeda dari ikan pada umumnya. Apabila kalian mencium bau amis ikan Salmon tandanya sudah tak segar.

2. Perhatikan Warna dan Bentuk Teksturnya

Seperti yang kita ketahui, daging ikan Salmon berwarna oren. Ketika memilih ikan Salmon harus diperhatikan warnanya oren cerah. Ikan Salmon tak segar biasanya memiliki warna oren tak merata.

Salah satu contohnya adalah bagian atas daging cenderung berwarna lebih gelap. Selain itu pilih ikan Salmon bertekstur lunak namun tak mudah hancur dan lembek.

3. Pilih Salmon tak Berair

Jika kalian membeli ikan Salmon filet dalam kemasan, lebih baik pilih potongan salmon tak berair. Bisa diperhatikan lewat bagian sudut kemasan. Jika ada tetesan air, maka kualitasnya sudah berkurang.

4. Pilih Ikan Salmon yang Bersih

Salah satu hal penting saat membeli ikan Salmon adalah memperhatikan kebersihannya. Jika terlihat sedikit kotoran itu bisa mempengaruhi kualitas ikan Salmon.

Apakah Boleh Makan Salmon Mentah?

Ikan Salmon mentah memang boleh dikonsumsi. Bahkan, salmon lebih aman dibanding dengan protein hewani saat dikonsumsi secara mentah. Namun dengan catatan, ikan Salmon harus disimpan serta disajikan dengan cara tepat.

Supaya menjaga kualitas dan rasa salmon mentah tetap segar. Tetapi, sebagaimana sumber protein hewani lain, apabila mengkonsumsi ikan Salmon mentah berlebihan akan menimbulkan risiko gangguan kesehatan.

Manfaat Ikan Salmon

Selain memiliki rasa enak dan lezat sehingga disukai banyak orang. Ternyata ikan Salmon terdapat manfaat di dalam dagingnya untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat ikan Salmon.

  • Sumber Protein

Ikan Salmon jadi sumber protein dengan kadar cukup tinggi. Pada 100 gram ikan Salmon terdapat kandungan protein sebesar 22-25 gram.

  • Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein begitu tinggi dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga, ketika mengkonsumsi ikan salmon kalian bisa mengontrol hormon nafsu makan. Cocok digunakan untuk program diet.

  • Mengandung Lemak Omega 3

Manusia membutuhkan omega 3 untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Namun, tubuh manusia tidak bisa memproduksi omega 3 secara natural. Kandungan omega 3 dapat membantu tubuh manusia

  • Sumber Vitamin

Tidak hanya kandungan nutrisi dan omega. Ikan Salmon memiliki kandungan vitamin C, D dan B12, pastinya akan menjaga tubuh kalian tetap terjaga.

Akhir Kata

Itulah pembahasan dari boundaryrd.com mengenai harga Salmon di Alfamart serta penjelasan dan cara memilihnya. Ikan Salmon kini tersedia dalam bentuk fillet di Alfamart sehingga kalian tidak perlu repot bangun pagi untuk membelinya di pasar.