Harga Ayam Joper Per Kilo April 2024: Keunggulan, Kekurangan & Tips

Harga Ayam Joper Per Kilo – Daging ayam adalah bahan pangan dimana memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi seperti daging sapi, dan kambing. Hasil peternakan berupa daging ayam dimana banyak penggemar di Indonesia adalah ayam kampung.

Selain itu, terdapat jenis lain yaitu ayam joper yang merupakan jenis ayam kampung kualitas super. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang untuk usaha ternak karena permintaan daging ayam di pasaran hampir tidak bisa dilewatkan satu hari pun.

Harga ayam joper perkilo tentu berbeda dengan harga DOC ayam broiler, dimana bibit tersebut saat ini mempunyai nilai berkisar dari Rp9.000 hingga Rp12.000 pada setiap daerah di Indonesia serta dijual per ekor/ per box.

Untuk memulai usaha ternak ayam joper juga terbilang mudah serta daging yang dihasilkan juga memiliki kelebihan dibandingkan jenis ayam kampung dan broiler. Maka dari itu, bagi anda bila tertarik untuk memulai usaha tersebut, perlu diketahui beberapa hal seperti berikut ini.

Harga Ayam Joper Per Kilo

Selain cara ternak ayam joper tergolong relatif mudah, pertumbuhan dan perkembangan nya juga cenderung cepat. Ayam joper cenderung tahan penyakit, dan kenaikan pada bobotnya lebih cepat dibanding ayam kampung.

Harga ayam joper per kilo berbeda-beda di setiap wilayah, umumnya hasil daging hewan ternak ini lebih mahal di JABODETABEK karena permintaan pada wilayah ini terus meningkat dikarenakan gaya hidup sehat masyarakat dimana berdomisili di daerah tersebut. Untuk mendapatkan ayam joper sampai memiliki bobot 1 kilo setiap ekornya, dibutuhkan waktu kurang lebih selama 2 bulan.

Jenis AyamHarga
Ayam Joper Per KiloRp33.000-Rp50.000

Harga Ayam Joper Siap Panen

Harga Ayam Joper Siap Panen

Ternak ayam joper saat ini menjadi perbincangan publik dikarenakan waktu untuk memanen nya tergolong lebih cepat serta hasil panen ayam joper lebih efisien dibanding ayam kampung. Berikut harga ayam joper siap panen di JABODETABEK.

Jenis AyamHarga
Ayam Joper Siap Panen Per EkorRp43.000

Harga DOC Ayam Joper Per Ekor & Per Box

Harga DOC Ayam Joper Per Ekor Per Box

Harga DOC/ Bibit ayam joper dimana sering dijadikan sebagai usaha ternak tersebut tentu lebih terjangkau dibandingkan harga ayam joper per kilo/ Ekor dikarenakan nilainya belum termasuk membuka lahan untuk kandang, merawat, serta pemeliharaan lain nya.

Jenis DOC Ayam JoperHarga
DOC Ayam Joper Per EkorRp6.000 – Rp11.000
DOC Ayam Joper Per Box (100 Ekor)Rp600.000 – Rp900.000
DOC Ayam Joper Per Box Triple VaksinRp1.197.000
Harga di atas dapat berubah sesuai kebijakan pengelola dan permintaan pasar.

Kelebihan & Kekurangan

Pertumbuhan ayam joper dimana lebih cepat jika dibandingkan jenis lain, hal tersebut merupakan kelebihan utama ayam ini. Selain itu, hanya dalam umur 12 minggu ayam joper dapat memiliki ukuran sangat besar.

Untuk mencapai berat 1,1 Kilo setiap ekor merupakan hal yang sangat mudah untuk jenis ayam super ini. Selain itu, kandungan lemak ayam joper cenderung rendah dan menghasilkan telur dengan ukuran lebih besar dibanding ayam kampung.

Faktor yang menjadi kekurangan ayam joper petelur adalah induk atau petelur cenderung malas untuk mengerami telur nya. Hal tersebut dapat memperlambat proses kembang biak. Salah satu penyebab pertumbuhan ayam joper sangat cepat adalah rakus terhadap pakan.

Meskipun telur ayam joper memiliki ukuran besar, dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan jika menjualnya per butir karena pada umumnya telur di jual per kilo.

Tips Ternak Ayam Joper

Tips Ternak Ayam Joper

Jenis ayam super ini adalah campuran genetik ras petelur dan ayam kampung pejantan. Sehingga kelebihan keduanya tergabung menjadi satu kesatuan seperti ayam kampung dengan ciri khas tekstur daging gurih serta ras petelur dimana memiliki pertumbuhan cenderung cepat. Dimana daging ayam kampung dengan tekstur tersebut sangat cocok dijadikan olahan seperti resep ayam goreng pemuda.

Bagi anda yang tertarik memulai usaha tersebut, berikut kami ringkas meliputi tips ternak ayam joper agar tidak mengalami kebingungan pada saat memulainya.

  • Siapkan kandang, pastikan ukuran dengan tepat dan berikan ventilasi supaya ayam tidak mengalami stres serta kepanasan.
  • Siapkan perlengkapan seperti brooder, wadah pakan, tempat minum serta pencahayaan.
  • Pilih bibit berkualitas dengan ciri paruh tajam serta pendek, memiliki berat bibit betina 30 gram dan pejantan 32 gram, warna bulu yang mengkilap, bibit terlihat aktif bergerak, serta mempunyai mata sehat.
  • Penuhi nutrisi bibit berupa pakan, vitamin, vaksin, serta obat-obatan.
  • Lengkapi fasilitas kandang yang dapat menghangatkan ruangan di dalamnya.
  • Berikan pakan secara benar agar pertumbuhan nya tidak terhambat.
  • Jaga kebersihan kandang secara rutin agar tidak menimbulkan genangan air yang berpotensi menjadi sarang bagi nyamuk.
  • Berikan sekiranya waktu 10 hari untuk masa breeding untuk hasil telur berkualitas.

Akhir Kata

Itulah rangkuman mengenai harga ayam joper per kilo dari boundaryrd.com semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha ternak ayam joper.