Cara Menawarkan Menu di Restoran / Taking Order & Contohnya

Photo of author
Written By Witniati

Cara Menawarkan Menu di Restoran – Ada banyak hal yang perlu dipelajari ketika Anda baru belajar menjadi seorang pramusaji / pelayan restoran. Berperilaku baik, bertutur kata sopan dan berpenampilan menarik mungkin merupakan salah satu contoh kecil yang sudah menjadi standar.

Dimana selain hal-hal mendasar seperti itu, bekerja sebagai seorang waiter tentunya juga harus memahami / mengetahui bagaimana cara menawarkan menu di restoran tempat Anda bekerja juga menjadi poin penting. Sebab selama menjamu tamu restoran yang berkunjung untuk memesan makanan.

Nantinya waiter akan memberikan daftar menu serta mencatat semua pesanan yang diminta oleh pelanggan. Untuk awalan, memang ini akan terasa mengagetkan, oleh karena itu butuh pembelajaran dan juga pembiasaan dalam menawarkan menu di restoran sekaligus mencatatnya.

Cara menawarkan menu di restoran atau istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah Taking Order mungkin terlihat sepele. Namun seperti di atas sudah kami sampaikan, hal ini perlu pembiasaan dan pembelajaran yang baik. Oleh karena itulah disini akan boundaryrd.com sampaikan langkah-langkah kecil cara taking order di resstoran.

Mengenal Istilah Taking Order

Istilah Taking Order merupakan bagian yang mungkin masih menjadi pertanyaan bagi sebagian besar masyarakat, terutama bagi Anda yang saat ini baru atau bahkan ingin melamar kerja di restoran. Untuk itu disini akan kami jelaskan sedikit tentang arti dari istilah taking order tersebut.

Jadi Taking Order adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang pramusaji / staff restoran menerima dan mencatat semua orderan / pesanan dari tamu. Ini merupakan bagian yang memang harus benar-benar bisa dipahami dan harus dilakukan dengan cepat.

Sebab ketika proses pemesanan makanan yang dilakukan pelanggan berhasil Anda catat dengan baik dan benar. Otomatis akan membuat pembuatan menu pesanan pelanggan pun dapat dilakukan dengan cepat. Dan hal ini biasanya akan menjadi salah satu nilai plus dari sebuah restoran.

Dan agar proses Taking Order dapat dijalankan dengan baik oleh waiters, seperti kami singgung di atas. Ini membutuhkan waktu dan pemahaman menu yang dimiliki restoran. Jadi ketika menjadi seorang waiter, selian harus paham arti dari kata restoran, Anda juga harus paham dengan rincian setiap menu.

Fungsi & Tujuan Taking Order

Taking Order / menawarkan dan mencatat menu orderan yang di pesan pelanggan di restoran sendiri sebenarnya dilakukan dalam upaya untuk membantu para konsumen dapat dengan cepat menemukan menu sesuai keinginan dan juga melakukan pemesanan makanan.

Pun begitu selain dari dua hal di atas, setidaknya ada beberapa tujuan lain yang diharapkan restoran ketika menawarkan menu makanan / hidangan mereka ke pelanggan dengan cara di bantu para waiter. Beberapa tujuan tersebut antara lain seperti:

  • Memberi informasi selengkap & sedetail mungkin tentang menu tersedia di restoran / yang di pesan pelanggan.
  • Membantu pelanggan / tamu untuk mendapatkan pengalaman seru dan tak terlupakan saat mendatangi restoran Anda.
  • Membantu meningkatkan nilai penjualan / pemasaran produk menu unggulandi restoran.
  • Dan pastinya dengan mengandalkan Taking Order menu di restoran, ini akan dapat membantu untuk meningkatkan omset & menambah pemasukan setiap harinya.

Itulah beberapa fungsi / tujuan dilakukannya Taking Order atau menawarkan menu dan menerima pesanan dari tamu restoran. Lantas seperti apa cara menawarkan menu di restoran yang baik dan benar?.

Cara Menawarkan Menu di Restoran

Menjadi seorang waiter memang harus memiliki sifat yang cekatan. Selain itu seperti kami sampaikan di atas, Anda juga perlu memiliki pemahaman tinggi terhadap setiap menu restoran yang ada. Dengan begitu disaat Anda menawarkan menu kepada para tamu restoran.

Bisa dengan mudah memberikan jawaban apa yang ditanyakan pelanggan kepada Anda. Dan sebenarnya hal tersebut menjadi salah satu bentuk dari kepandaian Anda dalam menjadi waiter untuk menawarkan menu di restoran.

Mengingat menawarkan menu di restoran mungkin sudah jadi hal standar yang perlu dilakukan setiap waiter / pelayan di restoran. Namun dalam hal ini ada dua macam pekerjaan watier yang perlu diperhatikan ketika ingin menawarkan menu.

  1. Pertama menawarkan menu saat Anda sebagai waiter menyambut dan mengantarkan tamu ke meja.
  2. Kedua menawarkan menu saat tamu memanggil Anda sebagai waiter untuk melakukan pemesanan menu makanan.

Namun bila hal tersebut masih belum benar-benar Anda kuasai, kami rasa tidak mengapa karena berikut ini adalah beberapa contoh cara menawarkan menu di restoran yang bisa Anda pelajari dan dijadikan sebagai media bantu.

Saat Anda Menyambut Kedatangan Tamu

Untuk contoh pertama kita ambil ketika posisi tamu datang kita sebagai Waiter sudah bersiap menyambut dan menawarkan menu. Makan hal-hal yang perlu dilakukan agar proses penawaran menu hidangan bisa berjalan lancar antara lain:

1. Menyambut & Mempersilahkan Duduk

Pertama-tama silahkan anda sambut tamu dengan hangat baik itu dengan tutur kata, perilaku sampai dengan mimik wajah. Setelah menyambut silahkan antarkan tamu undangan ke meja makan yang kosong.

2. Berikan Daftar Menu Makanan

Setelah itu silahkan berikan daftar menu makanan yang ada di restoran dengan diimbuhi kata-kata yang menawarkan menu unggulan / spesial di restoran Anda.

3. Persilahkan Tamu Untuk Memilih Pesanan

Jika Anda sudah memberikan daftar menu, persilahkan tamu untuk melihat dan memilih menu yang ingin dipesan. Jika dirasa pelanggan perlu waktu untuk memilih, silahkan katakan

Silahkan Bapak/Ibu (Nama Tamu) untuk melihat dan memilih menu, saya akan kembali untuk pesanan Anda ketika Bapak/Ibu (Nama Tamu) sudah siap untuk memesan.

4. Catat Pesanan Tamu Dengan Benar

Ketika tamu sudah memilih menu pesanan, silahkan anda catat semua pesanan yang mereka inginkan pada kertas pesanan yang sudah Anda siapkan dengan baik dan benar.

5. Koreksi Pesanan Kepada Tamu Restoran

Jika semua pesanan sudah tercatat pada kertas order, silahkan bacakan kembali secara detail dari nama menu hingga jumlah yang dipesan kepada pelanggan untuk menghindari kesalahan pesanan.

Saat Tamu Memanggil Waiter Terlebih Dahulu

Kemudian cara menawarkan menu di restoran ketika lebih dulu tamu yang datang lebih dulu memanggil kita sebagai Waiter sedikit berbeda dengan cara di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Beri Sambutan Kepada Tamu

Pertama silahkan anda beri sambutan lebih dulu kepada tamu dengan menanyakan apa yang bisa dibantu dengan menggunakan mimik wajah, tutur kata dan sikap yang sopan.

2. Minta Informasi Lebih Banyak dari Tamu

Setelah itu usahakan Anda meminta informasi lebih banyak dari Tamu terkait apa yang ingin mereka makan / minum dengan setidaknya memberikan daftar menu dan juga menyebutkan beberapa menu unggulan.

3. Menyediakan Pilihan Menu

Tidak semua tamu / pelanggan tentu sudah tahu dan paham menu apa saja yang menjadi best seller di restoran tersebut. Untuk itu setelah mendapatkan Informasi terkait apa yang ingin tamu pesan.

Silahkan berikan beberapa pilihan menu / varian / topping dari apa yang mereka pesan seperti halnya:

  • Lebih suka dengan keju / tanpa keju?
  • Bagaimana Anda ingin (menu yang dipesan) di masak?
  • Untuk minumnya (teh / kopi) apakah mau dingin atau hangat?

4. Catat Semua Menu Pesanan

Nah ketika sudah mendapatkan apa yang ingin tamu pesan / order, tugas Anda sebagai waiter selanjutnya adalah menulis semua pesanan yang telah dipesan tersebut dan mengkonfirmasi ulang kepada pelanggan.

5.Sampaikan Kata Untuk Menunggu Pesanan Datang

Baik bapak (nama tamu) semua pesanan sudah saya catat, mohon untuk menunggu pesanan datang.

Dengan memberikan kata-kata tersebut setidaknya ini akan membuat tamu dapat merasa lebih dihargai dan diperhatikan. Sehingga tamu pun tidak enggan untuk memberikan review yang bagus terkait masalah pelayanan.

Akhir Kata

Nah seperti itulah kiranya contoh simple dan mudah cara menawarkan menu di restoran kepada para tamu / pelanggan yang datang. Pastikan sekali lagi saat Anda menawarkan menu, usahakan untuk menggunakan kata-kata yang sopan dan perilaku yang baik.

Dengan begitu para tamu restoran akan mendapatkan rasa nyaman. Bahkan ketika Anda berhasil memberikan informasi detail terkait menu yang ditanyakan. Kiranya cukup sekian, semoga apa yang sudah boundaryrd.com sampaikan di atas bisa membantu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.