Cara dan Bahan Membuat Kebuli Ayam

Photo of author
Written By Candrawati

Cara dan Bahan Membuat Nasi Kebuli Ayam – Nasi kebul ayam merupakan makanan yang cukup lezat. Makanan ini sering dijumpai di Jakarta yang biasanya dijual oleh para keturunan Arab yang tinggal di Indonesia secara turun temurun yang sekarang sudah melegenda. Dalam sejarah menyebutkan bahwa nasi kebuli ini merupakan makanan untuk para raja-raja.

Bukan hanya untuk hidangan makan siang dan malam serta menu buka puasa, nasi kebuli ayam ini juga sering dijumpai pada sebuah perayaan keluarga dan juga keagamaan karena pembuatannya yang cukup mudah. Nasi kebuli ini merupakan perpaduan yang cukup cantik antara Timur Tengah dan juga Indonesia dengan melibatkan kekayaan rempahnya. Ciri khas dari nasi kebuli ini yaitu memiliki aroma mirip seperti kuah kari dan juga warnanya yang kuning. Nasi kebuli ini memiliki perpaduan dari rasa gutih dan juga sedikit rasa manis.

Biasanya menu ini tersaji dengan daging kambing ataupun daging sapi, namun kali ini saya akan menyajikan resep dengan menggunakan daging ayam sebagai pendampingnya agar lebih ekonomis. Rasanya pun tidak jauh berbeda dibandingkan dengan daging kambing dan daging sapi.

Daging ayam ini bisa kamu panggang ataupun digoreng lalu disajikan dengan nasi kebuli dengan beberapa tambahan untuk mempercantik hidangan seperti acar dan juga bawang goreng. Nah dibawah ini kami akan jelaskan bagaimana cara membuat nasi kebuli ayam dan juga bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Nasi Kebuli Ayam

Pertama kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi kebuli ayam ini. Dan berikut bahan-bahan yang diperlukan

  1. 500 gram beras yang sudah dicuci bersih
  2. 700 gram daging ayam dan buang kulitnya
  3. 2 sdm ketumbar bubuk
  4. 1 sdt jintai bubuk
  5. 1 sdt pala bubuk
  6. 1 sdt kayu manis bubuk
  7. 6 butir kapulaga
  8. 2 sdt royco kaldu ayam
  9. 1 sdt cengkih bubuk
  10. 1,2 liter air bersih
  11. 3 sdm minyak samin
  12. 1 batang serai
  13. 1,2 sdt garam
  14. 1,2 sdt merica putih bubuk
  15. 100 gram kurma yang sudah dipotong-potong tanpa biji

Bumbu Halus

  1. 10 butir bawang merah
  2. 10 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 2 sdt minyak

Pelengkap

  1. Acar
  2. Bawang goreng

Langkah-Langkah Membuat Nasi Kebuli Ayam

  1. Panaskan minya terlebih dahulu, jika sudah panas tumis bumbu dengan memasukkan ketumbar, jintai, pala, kayu manis, kapulaga, dan cengkih hingga harum dan matang.
  2. Kemudian masukkan daging ayam yang sudah dipotong. Lalu masukkan air bersih dan juga royco kaldu ayam. Aduk hingga merata, tunggu hingga empuk. Jika sudah matang maka angkatlah daging tersebut lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya panaskan minyak samin, dan tumislah beras tersebut sampai merata. Tambahkan serai, garam, merica dan juga 750 ml air rebusan daging ayam lalu aduk hingga merata. Tunggulah hingga air sudah terserap habis maka angkatlah dan lanjutkan dengan cara di kukus dalam dandang panas hingga matang.
  4. Panaskan minyak goreng pada sebuah wajan lalu goreng daging ayam yang tadi direbus hingga berwarna kecoklatan dan angkatlah.
  5. Jika semua sudah matang maka susunlah. Tuangkan nasi ke atas piring secukupnya, lalu letakkan ayam goreng di atas tumpukan nasi. Jangan lupa tambahkan bawang goreng dan juga acar untuk mempercantik. Dan nasi kebuli ayam siap disajikan.

Tips Memasak Nasi Kebuli Ayam

  1. Jika ingin mendapatkan tekstur nasi kebuli yang pulen, kamu bisa memakai beras pulen seperti pandanwangi, rojolele, dan juga menthik. Dan jika ingin mendapatkan tekstur yang pera bisa menggunakan beras setra ramos.
  2. Setiap jenis beras memiliki kadang kelembapan yang berbeda-beda. Maka dari itu sesuaikan jenis beras dengan jumlah ramos.
  3. Supaya nasi pulen, rendamlah beras selama 1 jam terlebih dahulu sebelum di kukus.
  4. Jika ingin merasakan rasa yang lebih renyah, maka ayam dapat digoreng sebentar dalam minyak yang panas sampai agak kering pada bagian luarnya.

Kesimpulan

Nasi Kebuli Ayam merupakan salah satu sajian khas dari Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya dari Arab. Pada dasarnya, nasi kebuli ini menggunakan daging domba ataupun kambing, namun jika kamu ingin menggantinya dengan daging ayam pun tidak masalah. Kamu bisa menyajikannya untuk menu sarapan atau makan siang.

Cara dan bahan membuat kebuli ayam terbilang cukup mudah serta bahannya juga ada di dapur kamu. Kamu juga bisa membuatnya kapan saja dan dihidangkan dalam acara apapun. Sekian informasi yang dapat boundaryrd.com sampaikan tentang cara membuat nasi kebuli ayam dan semoga bermanfaat bagi kamu yang akan membuat menu makanan ini.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.