Resep Roti Sobek Lembut Ala Bakery Tahan Lama

Photo of author
Written By Latifah Fitri

Resep Roti Sobek Lembut Ala Bakery – Pastinya tidak ada yang dapat menolak kelezatan serta roti sobek ini. Dikarenakan roti tersebut sangat cocok ke semua kalian ketika disantap. Selain itu, jika kalian sedang sibuk serta belum sempat sarapan, menikmati roti sobek lembut sangat pas untuk bisa mengisi perut.

Apabila di Jepang, roti sobek disebut dengan Japanese Milk Bread. Roti sobek bertekstur empuk, bulat serta lembut ketika disantap. Penggunaan nama sobek tersebut diyakini dikarenakan ketika memakannya pada umumnya dengan cara disobek.

Selain rasa original, sekarang telah banyak muncul berbagai jenis isian serta taburan roti sobek. Contohnya cokelat, keju, sosis, pandan, pisang, dan masih banyak lagi. Sementara, pada umumnya untuk anak kecil lebih menyukai rasa manis seperti rasa cokelat. Ketika dimakan, cokelatnya meleleh di mulut sehingga menambah sensasi saat menyantapnya.

Roti sobek lembut banyak terdapat pada bakery atau toko roti lainnya. Hampir sama dengan resep kue dari tepung ketan yang dikukus, resep kali ini juga terbilang sangat mudah & untuk bahannya mudah dijumpai.

Resep Roti Sobek Lembut Ala Bakery

Resep roti ini seperti yang banyak dijual pada beberapa toko roti, ternyata kalian dapat membuat sendiri di rumah. Kalian tentunya menyukai jenis roti sobek dikarenakan memiliki rasa lezat dan juga empuk ketika dimakan. Resep tersebut hampir sama dengan resep cookies simple.

Untuk beberapa bahan adonan roti terbilang cukup sederhana. Selain itu, bahan isian roti mudah untuk diperoleh. Roti sobek sangat cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan. Apalagi jika dinikmati dengan minuman hangat seperti kopi, susu atau teh akan semakin menambah nikmat.

Kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli beragam jenis roti ke toko/bakery. Kalian juga dapat mencoba resep roti sobek lembut ala bakery sendiri di rumah dengan praktis & mudah. Bertekstur lembut serta bahan isian yang beraneka ragam dapat menjadi menu sarapan pengganti nasi di pagi hari.

Selain lebih higienis, berbagai pilihan rasa dapat kalian pilih sendiri. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan resep ala bakery tersebut karena resepnya sangat mudah & praktis.

Bahan Dasar

Ketika kalian ingin mencoba membuat resep ala bakery tersebut kalian membutuhkan beberapa bahan, seperti :

  • 700 Gram Tepung Protein Tinggi
  • 200 Gram Gula Pasir
  • 5 Butir Kuning Telur
  • 15 gram Ragi
  • 1 ½ Sendok Teh Bread Improver
  • 250 Gram Air Dingin
  • 150 Gram Margarin
  • 10 Gram Garam
  • Susu Cair untuk bahan olesan

Cara Membuat Roti Sobek

Untuk bisa membuat resep roti sobek lembut ala bakery, simak cara membuatnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, masukkan tepung protein tinggi, lalu tambahkan gula, susu bubuk, serta susu cair sampai adonan menjadi setengah kalis.
  • Setelah itu, beri tambahan ragi uleni adonan hingga benar-benar kalis.
  • Kemudian, menambahkan margarin lalu uleni kembali. Jika sudah kalis biarkan adonan kurang lebih 1 jam.
  • Jika sudah dibiarkan selama 1 jam setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian, umumnya menjadi 16 bagian. Buat bulat semua adonan berikutnya biarkan selama 10-15 menit.
  • Pipihkan adonan lalu letakkan diatas loyang.
  • Masukkan adonan ke dalam oven dengan suhu 175 hingga 190 ᵒC.
  • Apabila sudah matang angkat, roti sobek lembut ala bakery pun siap untuk dinikmati.

Tips Roti Lembut dan Mengembang

Apabila menginginkan roti menjadi lembut ala bakery serta lebih mengembang dapat melalui Bread Improver atau Bread Emulsifier. Menggunakan Bread Improver atau Bread Emulsifier hanya cara alternatif saja. Karena jika tidak memakai alat tersebut, roti masih tetap mengembang, namun untuk hasil akhirnya kurang lembut dan kurang mengembang sesuai keinginan.

Agar roti sobek ala bakery bisa lebih lembut ala bakery, selalu memperhatikan agar tidak langsung memasukkan bahan cair ketika membuat adonan, sebaiknya memasukkan bahan tersebut sedikit demi sedikit supaya adonan bisa kalis sempurna. Menggunakan bahan cair memang sangat berpengaruh dari kondisi tempat kalian.

Kemudian, selalu mengecek apakah adonan sudah kalis, setelah itu baru memulai tahapan selanjutnya. Di saat sedang membagi beberapa adonan, usahakan adonan jangan ditarik, cukup menggunakan pisau saat membagi beberapa adonan, agar mendapatkan serat roti lebih sempurna. Proses membulatkan adonan juga akan berpengaruh pada tekstur roti apakah bisa lembut atau tidak.

Berapa Lama Roti Sobek Bertahan?

Secara umum, roti dipakai untuk berbagai fungsi seperti sarapan, camilan, hingga bekal sekolah/kerja. Tetapi, masa kedaluwarsa roti terbilang sangat singkat, yakni 3-5 hari. Ciri-ciri roti sudah tidak bisa dimakan yakni terdapat jamur pada roti atau roti telah kedaluwarsa.

Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, kalian bisa menyimpan roti pada kulkas atau freezer merupakan salah satu cara agar roti dapat tahan lebih lama walaupun sudah kedaluwarsa. Selain itu, menyimpan roti ke dalam tertutup atau kedap udara juga dapat menjadi salah satu cara untuk menyimpan roti supaya jamur tidak cepat tumbuh. Dengan cara tersebut, akan mengurangi partikel kecil yang dibawa udara pada roti.

Kalian juga bisa menyimpan roti di kulkas atau freezer, cara ini memang dapat memperlambat tumbuhan jamur atau bakteri. Tetapi, jika mau roti tidak berjamur, kalian sebaiknya jangan menyimpan roti ke dalam kulkas atau freezer. Dikarenakan apabila suhu pada kulkas tidak terlalu dingin, roti akan lebih cepat berjamur.

Akhir kata

Begitulah sekiranya resep roti sobek lembut ala bakery menurut Boundaryrd.com yang bisa kami bagikan. Ketika kalian ingin mencoba membuat sendiri di rumah kami sarankan agar sebelumnya memperhatikan beberapa tips yang sudah kami berikan diatas tersebut.