Update Harga Tepung Tapioka 1 Kg Hari Ini 2023

Photo of author
Written By Roby

Harga Tepung Tapioka 1 Kg – Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan tepung satu ini, ya, tepung tapioka. Tepung tapioka memang umum digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai makanan tradisional sampai modern.

Tepung ini terbuat dari Singkong sebagai bahan dasar utamanya. Teksturnya memang cenderung lengket dan kental. Maka tidak heran jika manfaat tepung tapioka biasa digunakan sebagai perekat dalam berbagai menu makanan ringan seperti kue.

Membahas mengenai tepung satu ini, kami akan memberikan informasi lengkap terkait harga tepung tapioka 1 Kg. Bagi para pembuat kue mungkin sangat membutuhkan tepung ini, dengan memiliki informasi pasti harga tepung tersebut, tentunya ini bisa menjadi perhitungan penjualan kue yang dilakukan.

Untuk itu disini kami akan membagikan informasi lengkap mengenai harga tepung tapioka 1 kg dan per karung. Bukan hanya itu saja, ada juga pembahasan lain terkait tepung tapioka satu ini. Baiklah tanpa berlama-lama lebih baik langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Tepung Tapioka?

Di pembahasan awal kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai apa itu tepung tapioka. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah mengetahui apa itu tepung tapioka, namun bagi yang belum mengetahui kalian bisa simak penjelasan berikut. Tepung tapioka merupakan tepung yang memiliki tekstur lembut dan licin. Warnanya juga lebih putih bersih jika dibandingkan dengan tepung lainnya terutama tepung terigu. Tepung tapioka biasa digunakan untuk pengental makanan, roti atau diolah menjadi berbagai makanan dengan tekstur kenyal seperti aci, cenil atau boba.

Berbicara mengenai bahan dasar, tepung satu ini terbuat dari bahan dasar singkong. Tepung tapioka juga merupakan sari pati singkong. Untuk membuat tepung ini, singkong dikupas kemudian dicuci bersih. Selanjutnya singkong di parut atau dihaluskan kemudian diberi sedikit air dan disaring. Sari pati singkong kemudian diendapkan selama beberapa jam lalu dibuang airnya sampai tersisa tepung pati singkong. 

Tepung yang masih basah nantinya dikeringkan dengan  cara dijemur atau di oven sampai menjadi tepung tapiok kering. Tepung awalnya berbentuk kasar dan menggerindil jadi satu. Akan tetapi setelah dihaluskan kembali, tepung akan memilik tekstur yang lebih lembut, halus dan licin. Warna tepung tapioka umumnya sangat putih seperti tepung sagu.

Manfaat & Kegunaan Tepung Tapioka

Membahas mengenai kegunaan, tepung tapioka tentunya memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai bahan tambahan pembuatan bakso dan juga sebagai pengental pada berbagai tumisan. Disamping itu, tepung tapioka juga sering digunakan sebagai bahan pembuat pempek, cimol, cilok, boba, cireng dan batagor. Terkadang banyak juga yang menggunakan tepung tapioka untuk bahan pembuatan jajanan tradisional seperti cenil dan kue mata sapi.

Kemudian berbicara mengenai manfaat tepung tapioka bagi kesehatan, tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyehatkan pencernaan

Tepung tapioka memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat tersebut bekerja secara efisien untuk menyehatkan pencernaan. Mengonsumsi tepung tapioka juga dipercaya mampu mencegah sembelit, nyeri usus, perut kembung dan kanker usus.

2. Menjaga tekanan darah

Apabila kalian memiliki tekanan darah tinggi dan juga rendah, maka ini bisa mengancam kesehatan tubuh kalian. Nah dengan mengonsumsi tepung tapioka ini bisa menjadi solusi. Kandungan kalium yang ada pada tepung ini mampu menjaga tekanan darah tetap normal agar baik untuk kesehatan jantung.

3. Membantu menaikkan berat badan

Mengonsumsi makanan dari olahan tepung tapioka bisa menjadi solusi kalian yang ingin menaikkan berat badan. Terdapat penelitian bahwa kandungan karbohidrat pada tepung tapioka bisa membantu menaikkan berat badan.

4. Menambah nutrisi pada tulang

Manfaat lain daripada tepung tapioka adalah sebagai penambah nutrisi pada tulang. Mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung ini juga bisa mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis. Osteoporosis sendiri juga merupakan penyakit tulang yang diakibatkan kerapuhan tulang karena terkikis pada usia seseorang. Pasalnya, tepung tapioka memiliki kandungan zat besi, kalsium, serta vitamin K yang berguna untuk kesehatan tulang.

5. Mengatasi asam lambung

Perlu kalian ketahui bahwasanya bahan utama pembuatan tepung tapioka adalah Singkong. Nah Singkong sendiri memiliki sifat untuk merekatkan bahan-bahan lainnya seperti halnya lem dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari mengonsumsi tepung kanji bisa membantu menebalkan lapisan asam lambung secara alami sehingga asam lambung bisa teratasi.

6. Mengatasi flu, sakit kepada dan demam

Dan manfaat terakhir yaitu bisa mengatasi flu, sakit kepala dan demam. Caranya pun sangatlah mudah, pertama kalian bisa mencampur 12 gram tepung tapioka dengan sedikit gula serta air. Lalu aduk rata hingga seluruh tepung larut, dan kalian hanya perlu langsung meminumnya. Cara ini dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan flu hingga demam tersebut.

Harga Tepung Tapioka 1 Kg

Setelah mengetahui informasi diatas seperti kegunaan dan juga kandungan gizi pada tepung tapioka, selanjutnya kita masuk ke informasi berikutnya terkait harga tepung tapioka 1 Kg dan juga per karungnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak update daftar harga tepung tapioka per kg berikut ini.

Harga Tepung Tapioka Per Kg

Pertama kita lihat dulu daftar harga tepung tapioka per Kg. Harga per kg biasanya berbeda-beda di setiap wilayah, untuk itu kalian bisa mencari informasi lebih dulu sebelum membelinya.

Merek Tepung TapiokaHarga per Kilo (Rp)
Tepung tapioka Rumah Kelinci 1 kgRp 10.000
Tepung tapioka/kanji cap Burung Kasuari 1 kgRp 12.000
Tepung tapioca Langgeng Jawa Cap SwanRp 15.000
Tepung tapioka Sagu Tani Cipta Kencana 1 kgRp 20.000
Tepung tapioka Cap Delman 1 kgRp 20.000
Tepung tapioka Paus Biru 1kgRp 20.000
Tepung tapioka Dua Ibu Tani Cap Anak 1 kgRp 20.000
Tepung tapioka Cap Orang Tani 1 kg Liauw Liong PitRp 20.000
Tepung tapioka Sagu Tani Bumi Kencana Cap Orang Desa 1 kgRp 20.000
Tepung tapioka Cap Bambu 1 kgRp 22.000
Tepung tapioka Gunung Seulawah 1 kgRp 25.000
Tepung tapioka Sagu Tani Tirta Sentana Cap Petani 1 kgRp 25.000
Tepung tapioka Cap Pak Tani LiauwTjoei Kang 1 kgRp 25.000
Tepung tapioka kasar ala Shihlin 1kgRp 25.000

Harga Tepung Tapioka Per Karung

Tepung tapioka juga bukan hanya dijual dengan satuan Kg saja, ada juga yang dijual per karung. Nah lebih jelasnya kalian bisa lihat tabel daftar harga tepung tapioka per karung yang telah kami siapkan dalam bentuk tabel di bawah ini.

Merek Tepung TapiokaHarga per Karung (Rp)
Tepung tapioka Opa-OmaRp 170.000
Tepung tapioka merk SPM isi 25 kgRp 170.000
Tepung tapioka Terong Mas isi 25 kgRp 188.000
Tepung tapioka Cap Gunung Agung isi 25 kgRp 200.000
Tepung tapioka Bola Deli 25 kgRp 215.000
Tepung tapioka Cap Istana berat 25kgRp 250.000
Tepung tapioka Cap Floura TaniRp 258.000
Tepung tapioka JT-Tapioca 50 kgRp 350.000
Tepung tapioka Lima Daun Hijau 50 kgRp 399.000
Tepung tapioka Cap Burung Kasuari 50kgRp 405.000
Tepung tapioka kasar ala Shihlin berat 25 kgRp 450.000

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai daftar harga tepung tapioka 1 Kg dan per karung. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat boundaryrd.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.