Apa Itu Mixue Ice Cream: Sejarah, Pemilik & Kenapa Viral?

Photo of author
Written By Stefhanno Rukmana

Apa Itu Mixue – Belakangan ini Mixue memang ramai diperbincangkan karena viral diberbagai media sosial. Bahkan dijadikan meme atau lawakan lucu sehingga membuat penasaran banyak orang terutama yang masih awam terhadap dunia F&B(Food and Beverage). Pada dasarnya kalian memang harus tahu apa itu Mixue supaya tidak salah paham dan mengerti perusahaan apakah itu.

Ketika masih bertanya apa itu Mixue memang dapat diketahui bahwa brand ini adalah salah satu bisnis F&B yang sedang trend di Indonesia dan memiliki pangsa pasar besar. Termasuk kedalam franchise yang besar karena memiliki menu es krim dengan harga terjangkau sehingga diminati oleh banyak orang. Cukup banyak rekomendasi es krim Mixue paling enak yang dibanderol murah dimana cocok untuk semua kalangan.

Lantas apa itu Mixue bahasa gaul? Jawabannya tentunya tidak karena merujuk ke perusahaan ice cream yang memang sedang digemari semua masyarakat Indonesia. Karena jadi brand yang besar maka semakin dikenal diberbagai wilayah Indonesia sehingga banyak orang yang tahu dan penasaran. Diakui termasuk banyak orang penasaran mencoba ice creamnya, terlebih cukup murah sehingga tak akan membuat dompet menjadi tipis.

Tak hanya es krim, tersedia juga beberapa menu minuman dimana mampu memenuhi berbagai selera orang Indonesia. Saat mengetahui apa itu brand ini diurut dari sejarahnya maka kalian jadi lebih paham kapan perusahaannya berdiri dan alasan kenapa bisa sampai viral di Indonesia. Agar lebih jelasnya silahkan simak pembahasan apa itu Mixue sebagai berikut.

Apa Itu Mixue

Mixue adalah perusahaan franchise yang memnjual produk berupa es krim serta aneka minuman tekan yang berasal dari kota Zhengzhou, provinsi Henan, Tiongkok. Sudah berdiri semenjak Juni 1997 dimana sampai saat ini sudah merambah ke 11 negara Asia termasuk Indonesia. Lantas arti dalam bahasa Mandarin terbagi atas 2 kata meliputi Mi serta Xue, untuk Mi diambilkan dari tian mi dimana memiliki arti manis.

Kemudian untuk Xue memiliki arti salju, jadi apabila digabungkan mempunyai arti salju dengan rasa manis. Kemudian logonya berupa manusia salju dimana diartikan juga sama. Lalu Mixue dibacanya apa? Untuk Mi memakai bahasa Indonesia biasa sedangkan Xue akan dibawa dengan shuwe jadi jika digabungkan Mixue dibaca menjadi Mishuwe.

Sejarah Mixue

Sejarahnya dimulai dari tahun 1997 dimana seseorang bernama Zhang Hongchao dimana masih menjadi mahasiswa pada Universitas Keuangan & Ekonomi Henan. Zhang memiliki pekerjaan paruh waktu pada outlet minuman dingin dimana membuatnya terispirasi membuka usaha miliknya sendiri. Awalnya Zhang mengambil pinjaman dari neneknya dengan tujuan membuka outlet es serut diwilayah Zhengzhou provinsi Henan.

Kemudian awalnya Zhang menjual es serut, smoothie, ice cream kemudian merambah ke teh susu. Namun usahannya tak bertahan lama karena harus tutup, tapi pada tahun 1999 ia membuka gerai keduanya dimana dinamakan Mìxuě Bīngchéng dimana artinya adalah istana es dari salju manis.

Barulah brand ini dikenal karena es krim conenya diwilayah Zhengzhou semenjak 2006. Kelebihannya adalah menawarkan harga murah dibanding pesaingnya namun rasanya enak karena menggunakan resep spesial. Berikutnya ditahun 2008 baruhlah membuka franchise diberbagai wilayah lainnnya hingga pada 2010 sudah besar diseluruh wilayah Tiongkok. Secara langsung menawarkan skema franchise menguntungkan dimana untuk pusat risetnya ada diwilayah Henan.

Mixue mampu membangun jalur logistiknya sendiri ditambah dengan lokasi gudang strategis sehingga mempu mengurangi biaya produksi dan distribus. Hal ini demi mempertahankan harga jualnya yang memang murah karena rantai produksinya sudah terbangun dengan baik. Bahkan kini Mixue Bingcheng Co., Ltd juga sudah melebarkan sayapnya diberbagai wilayah Indonesia.

Siapa Pemilik Mixue?

Pemilik Mixue adalah Zhang Hongchao dimana kini juga memiliki perusahaan Mixue Bingcheng Co., Ltd. Sampai saat ini sudah ada 21 ribu outlet Mixue diseluruh Asia sehingga membuatnya terus berkembang. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak muncul outlet bahkan dikota kecil sekalipun. Hal ini menandakan perusahaannya benar benar sukses memasarkan produknya.

Mixue Pertama Kali di Indonesia

Mixue pertama kali di Indonesia pada tahun 2020 dimana gerainya terletak di Cihampelas Walk area Kota Bandung. Dalam kurun waktu sekejap kini Mixue sudah menyebar keberbagai wilayah lainnnya. Bahkan tawaran membuka franchise juga dapat diambil oleh para pengusaha yang memiliki lokasi strategis namun tidak digunakan.

Sampai saat ini gerai Cihampelas Walk tetap beroperasi dimana juga menawarkan menu yang sama. Kemudian untuk sejarah pertama di Indonesia memang tak dapat dilupakan begitu saja karena itu yang mengawali franchise bahkan sampai saat ini kantor pusatnya masih terletak disana. Untuk kebutuhan pendaftaran franchise baru akan ditentukan cabang Bandung termasuk pembukaan kemitraan dan proses verifikasinya.

Kenapa Mixue Viral?

Lantas kenapa Mixue viral? Awalnya adalah menjadi meme atau lawakan dimana Mixue akan mudah ditemukan pada tempat yang awalnya kosong dan tidak terawat. Bahkan meme tertentu sampai menjelaskan bahwa ketika rumah kosong disulap jadi gerai baru. Banyak pula yang mengedit logonya bahkan memparodikan icon manusia saljunya. Kamu bisa temukan meme tentang Mixue di sosial media seperti Instagram, Twitter serta TikTok.

Lalu dapat viral karena menjual ice cream dengan harga murah sehingga mampu membuat antrian panjang pembeli disebuah gerai. Banyak orang penasaran ingin mencobanya dimana harganya masuk kesemua kalangan masyarakat. Lalu karena cabangnya terletak diberbagai wilayah maka mudah untuk ditemukan semua orang. Hal ini membuat semakin mudah untuk membeli ice cream maupun minuman lainnya.

Kemudian lokasinya juga termasuk menarik karena didekorasi dan dibuat sedemikian rupa sehingga cocok dijadikan background foto. Banyak orang rela mengantri demi berfoto didalam outletnya karena memang benar benar unik serta fun. Paling penting adalah soal variasi menunya dimana cukup beragam, kamu dapat memilih aneka es krim sampai dengan minuman yang mampu menyegarkan badan.

Konsumen juga dapat memperoleh pelayanan terbaik bahkan sudah tersedia langsung dibeberapa aplikasi ojek online. Perkembangannya memang sangat pesat bahkan setiap kota sudah ada gerainya sehingga dimanapun kalian bepergian akan menemukannya.

Akhir Kata

Dengan daftar harga es krim Mixue yang murah kalian bisa menikmati aneka rasa pilihan tanpa perlu kawatir mengeluarkan budget banyak. Namun memang masih banyak yang mempertanyakan apakah Mixue halal? Jawabannya memang masih dalam proses sertifikasi sehingga nantinya ketika prosesnya selesai maka dinyatakan halal. Memang beberapa orang masih skeptis, namun dibalik itu justru gerainya semakin banyak diberbagai daerah.

Apabila sudah mengenal apa itu Mixue maka kalian akan lebih banyak tahu mengenai sejarahnya kemudian bagaimana soal perusahaannya. Pada dasarnya sampai saat ini jadi salah satu brand besar di Indonesia bahkan menguasai pasar es krim dan mampu mengalahkan pesaingnya. Selain itu ketika ada yang tidak sesuai kamu bisa koreksi sendiri atau tuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.